Pin It

02 March 2014

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 16:14

SAMJIYON, Tablet Made In Korea Utara

Korea Utara, Negeri ini memang terkenal menerapkan macam-macam peraturan untuk mengisolasi warganya dari dunia luar. Tetapi tak di sangka negeri ini mampu membuat SmartPhone sendiri bermerk SAMJIYON.

Sebagaimana diberitakan PC World, Samjiyon adalah produk tablet ketiga yang dipasarkan di Korea Utara.
Pertama kali diperkenalkan September tahun lalu (2012) di pameran dagang di ibukota Korea Utara, Pyong Yang, tablet Samjiyon sempat diliput oleh media massa negeri tersebut. Tapi, sebelumnya, hanya sedikit orang di luar penduduk Korea Utara yang pernah memegang tablet itu.

Samjiyon ditenagai prosesor 1,2 GHz dan pilihan media penyimpanan 8GB atau 16GB. Layarnya berukuran 7 inci dengan resolusi 1024x768. Sebuah kamera 2 megapixel melengkapi deretan hardware perangkat ini.

Tampilan Antar Muka SAMJIYON



Adapun sistem operasi yang dijalankan adalah Android versi 4.0.4 (Ice Cream Sandwich). Tetapi layanan-layanan standar Google yang biasanya ditemukan di perangkat Android seperti Gmail dan YouTube tak hadir di sini.
Kalaupun ada, mungkin tak akan ada banyak gunanya pula karena Korea Utara tidak memiliki sambungan internet ke jaringan internasional. Yang tersedia adalah intranet skala nasional yang diatur ketat oleh pemerintah.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers