Pin It

09 May 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 19:35

Hati-hati dengan Suplai tak Terbatas Dogecoin

Hati-hati dengan suplai tak terbatas Dogecoin meski harga Dogecoin saat ini semakin naik karena mendapat dukungan dari orang-orang berpengaruh seperti Elon Musk dan Mark Cuban. Harga Dogecoin yang sempat melesat ke kisaran 0,724 dollar AS per koin atau sekitar Rp 10.498 dan turun lagi ke Rp 8 ribuan (kurs Rp 14.500) di bursa Indodax memang menarik untuk investasi. Tapi apakah Dogecoin bagus untuk investasi? Untuk jangka pendek mungkin bagus, tapi untuk jangka panjang harus hati-hati karena suplai tak terbatas.


Hati-hati dengan Suplai tak Terbatas Dogecoin
Dogecoin

Suplai Dogecoin 


Dogecoin berbeda dengan Bitcoin dari sisi suplai. Dogecoin tidak punya batasan suplai, tidak ada batasan membuatnya tidak menarik untuk jangka panjang karena koin baru akan selalu dicetak. Sedangkan Bitcoin sejak awal penciptaannya, jumlah Bitcoin dibatasi, suplai Bitcoin hanya ada sebanyak 21 juta BTC di seluruh dunia. Lalu berapa sisa Bitcoin yang belum beredar? sisa ketersediaan Bitcoin bisa dipantau secara live disini


Pada awalnya, Dogecoin memang mempunyai batasan pasokan hingga 100 milyar koin. Namun pada tahun 2014 lalu, pendiri dogecoin Jackson Palmer memutuskan untuk menghilangkan pembatasan pasokan. Nah, tanpa adanya batasan pasokan Dogecoin tentu saja bisa menjadi masalah karena pasokan dan permintaan adalah faktor fundamental yang menjadi penentu dari persaingan pasar yang sehat atas nilai barang, jasa, atau aset. Seperti kita ketahui, barang atau aset yang langka dan memiliki permintaan tinggi akan cenderung memiliki harga yang mahal. Sementara, bila permintaan atas aset tersebut rendah dengan jumlah aset yang banyak, maka harganya akan cenderung rendah. 


Memang untuk saat ini permintaan Dogecoin cenderung lebih tinggi daripada jumlah pasokan koin yang masuk ke pasar. Tapi suatu saat nanti, harga Dogecoin akan datar atau turun karena pasokan terus masuk dan pembeli tidak bertambah. Untuk membuat harga lebih tinggi, maka pembeli Dogecoin harus terus membeli koin yang ada. Sebab, tidak ada kelangkaan yang mendukung kenaikan harga Dogecoin. 


Baca juga: Investasi Bitcoin Semakin Diminati Milenial


Saat ini kan setiap penambang yang berhasil menambang dogecoin akan menerima 10.000 Dogecoin setiap menit. Artinya, sebanyak 14,4 juta Dogecoin baru masuk ke sirkulasi pasar setiap harinya. Nah, dalam setahun, jumlah Dogecoin yang masuk ke pasar sekitar 5,2 miliar Doge. Jumlah tersebut sangat berbeda dengan Bitcoin yang setiap penambang sukses akan diberikan 6,25 BTC setiap 10 menit. 


Dogecoin 


Rilis perdana        : 6 Desember 2013 

Perancang            : Billy Markus 

Pengembang        : Billy Markus (CEO) 

Situs web              : dogecoin.com 

Fungsi hash          : Scrypt-based 

Hadiah blok           : 10,000 Dogecoins 

Waktu blok            : 1 minute 

Penjelajah blok     : dogechain.info 

Pasokan beredar  : 177.459.716,9 Doge (Dilihat pada 8 Mei 2021) 

Upgrade software : https://github.com/dogecoin/dogecoin/blob/master/COPYING 


Harga Dogecoin dalam Catatan 


Pada 19 Desember 2013, harga Dogecoin melonjak hampir 300 persen dalam 72 jam, naik dari US $ 0,00026 menjadi $ 0,00095, dengan volume miliaran Dogecoin per hari. Pertumbuhan ini terjadi pada saat bitcoin dan banyak mata uang kripto lainnya terguncang dari keputusan China yang melarang bank China berinvestasi ke dalam ekonomi bitcoin. Tiga hari kemudian, Dogecoin mengalami crash besar pertamanya dengan turun hingga 80%. 


Dogecoin mencapai puncak $ 0,017 / koin pada 7 Januari 2018, menempatkan total kapitalisasi pasarnya mendekati USD 2 miliar. 


Pada Juli 2020, harga Dogecoin melonjak mengikuti tren TikTok yang bertujuan untuk membuat harga koin menjadi $ 1. 


Pada Januari 2021, Dogecoin naik lebih dari 800% dalam 24 jam, mencapai harga $ 0,07 setelah ramai dibahas pengguna Reddit, sebagian didorong oleh Elon Musk dan GameStop. 


Pada Februari 2021, harga Dogecoin naik ke $ 0,08 menyusul dorongan Twitter dari Musk, Snoop Dogg dan Gene Simmons. 


Pada Maret 2021, pemilik pemilik klub bola basket Dallas Mavericks, Mark Cuban mengumumkan tim NBA-nya akan mengizinkan pembelian tiket dan produk dengan Dogecoin; dalam dua hari, Cuban menyatakan waralaba-nya telah menjadi pedagang Dogecoin teratas, setelah melakukan 20.000 transaksi. Pernyataan Mark Cuban mengangkat harga Dogecoin pada 14 April 2021 ke $ 0,10 dan $ 0,45 pada 16 April 2021. 


Nah, jika melihat catatan harga Dogecoin diatas, kenaikan harga Dogecoin lebih dipengaruhi oleh tokoh-tokoh berpengaruh. Untuk itu kita harus hati-hati ketika akan investasi Dogecoin dalam jumlah besar untuk jangka panjang. Lebih baik kita investasi ke Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Litecoin (LTC) dan lainnya yang punya batasan suplai. 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers