Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

21 March 2014

Hujan Meteor Dan 5 Jadwal Fenomena Langit Sepanjang 2014

Langit punya fenomena tersendiri yang bisa dinikmati dari bumi. Sepanjang 2014, ada banyak fenomena yang diprediksi akan terjadi. Jangan sampai kelewatan fenomena ini ya!

Mulai dari gerhana hingga hujan meteor, ditengok dari Telegraph, Jumat (21/3/2014) inilah 5 jadwal fenomena langit yang diprediksi terjadi sepanjang 2014.


Hujan Meteor. Foto: detik

1. Mars Dalam Jarak Terdekat

Mulai 8 April 2014, planet Mars akan berada di posisi paling dekat dengan Bumi. Keadaan ini akan berlangsung selama 2 tahun. Lebih lagi, Matahari pun akan menyinari planet ini, sehingga bisa lebih mudah terlihat.

Jika ingin melihat, tak perlu jauh datang ke Boscha atau membeli teleskop yang profesional. Planet ini sudah bisa terlihat dengan menggunakan teleskop berukuran sedang.

2. Gerhana Bulan Total
Masih di bulan April, akan ada lagi fenomena langit yang keren. Tepatnya tanggal 15 April 2014, akan ada gerhana bulan total. Menurut perhitungan, tahun ini akan ada dua kali gerhana bulan total.

Gerhana sebelumnya terjadi pada bulan Desember 2011. Sedangkan gerhana bulan selanjutnya akan jatuh pada tanggal 8 Oktober 2014. Gerhana ini akan sangat jelas terlihat di Amerika Utara, Amerika Selatan dan Australia.

3. Saturnus Dalam Jarak Terdekat
Satu lagi planet yang akan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi adalah Saturnus. Jika keberadaan Mars tidak akan berubah selama dua tahun, Saturnus hanya selama setahun.

Planet ini juga akan mudah terlihat karena akan terkena sinar Matahari. Cukup menggunakan teleskop berukuran sedang untuk bisa melihat permukaannya dari Bumi.

4. Bulan dan Mars Satu Baris
Pada tanggal 7 Juni 2014, bulan akan mengitari Bumi dan akan satu garis dengan Mars (yang juga akan berada dalam titik terdekat dengan Bumi). Fenomena ini bisa dilihat 6 jam setelah matahari tenggelam atau sunset.

5. Hujan Meteor Perseids
Perseids merupakan sebuah nama hujan meteor, dan menjadi salah satu yang terbaik di antara yang lain. Kenapa begitu? Karena hujan meteor jenis ini bisa menghasilkan sekitar 60 meteor dalam sejam, saat puncaknya.

Tahun ini, hujan meteor diprediksi akan turun pada tanggal 12-13 Agustus 2014. Kerennya, hujan meteor ini bisa muncul di langit belahan mana saja. Menontonnya di langit gelap setelah tengah malam adalah waktu yang terbaik.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Hujan Meteor Dan 5 Jadwal Fenomena Langit Sepanjang 2014. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers