Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

27 March 2014

Mbak Reni, Dari Broker Bus Pariwisata Menjadi Pemilik Bus Andromeda

Namanya cukup dikenal luas dan disegani di kalangan para driver bus pariwisata maupun broker bus lainnya sebagai pemilik PO Andromeda. Sehingga untuk penyediaan bus dari berbagai macam PO saat tanggal-tanggal kusut (high season), banyak yang mempercayakan order tersebut padanya.



Sesungguhnya titik kritis pada pemesanan itu adalah terletak pada SDM-nya, antara lain para driver dan para pemegang kunci pada setiap PO. Nah, Mba Reni telah membuktikan sebagai organizer yang sangat bisa diandalkan. Tentu dengan harga yang tetap bersaing dan masuk akal.

Penasaran ingin mengetahui, bagaimana ia bisa menjalankan bisnis bus Pariwisata, yang rata-rata didominasi kaum pria sebagai pemainnya. Ia tidak hanya piawai mengatur driver & crew bus, tapi juga paham secara menyeluruh terhadap hampir semua permasalahan. Dari mulai pengaturan bahan bakar bus, permesinan secara garis besar seperti kapan harus ganti oli, kapan harus cek ini dan itu, kapan life time sebuah spare part dsb.

Mba Reni mengawali cerita awal mula terlibat di dunia bus, suatu hari, Mba Dewi, temen SMPku menghubungi dan menawarkan untuk coba-coba jadi marketing di Primajasa. Ga ada salahnya deh aku coba. Jadi tahun 2008 aku masuk ke Primajasa, pegang bus Pariwisata Citimiles 55 seats. Rupanya menarik sekali pekerjaan transportasi ini. Seru lah bagi saya….

Maka saya belajar ibarat dari hulu sampai hilir tentang seluk beluk pengelolaan bus. Dan jualan bus itu ternyata gampang apalagi armadanya memang bagus. Jadi ya, Alhamdulillah prestasiku terbilang bagus.

Awal 2009, temen bosku dateng ke kantor Primajasa. Dia bilang punya bus Karunia Pariwisata, lagi cari pengelola. Nah, si bos rupanya pengen nolong temennya tuh, jadi main tunjuk aja dia…..”Tuh, Reni aja sana bawa! Dia dah bisa segala macem kok!”

Singkat cerita, aku mulai mengelola Karunia, dan selang beberapa tahun aku memutuskan berhenti dan menjalankan usaha sendiri.

Rasanya sudah cukup mengabdi ke orang lain, saatnya aku harus bisa mandiri. Mba Reni mengawali usaha dengan 1 big bus dan 3 medium. Dalam 8 bulan targetku ada penambahan 1 unit baru.

Demikian sekilas perjalanan memulai bisnis transportasi ”bis” disampaikan mba Reni.

Eh Mba boleh tau ga, berapa harga bus medium dan big-nya? Tanyaku ingin tahu. ”Yang big bus 59 seats harganya sekitar 1,2 milyar dan yang mediumnya 600jt. Hayo, mau ikutan gak? Boleh kok aku ada aggreement untuk joint-partner. Nanti dicatat di akte notaris juga pembagian hasil setelah leasing lunas 3th tuh 70% buat investor, sisanya 30% buat Andromeda. Tenang, big bus tuh umur 10 tahun juga masih laku ratusan juta” Demikian obrolan berubah menjadi ajakan bergabung.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Mbak Reni, Dari Broker Bus Pariwisata Menjadi Pemilik Bus Andromeda. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers