Pin It

21 March 2014

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 09:14

Adu Cepat Mesin Bus

Bus berwarna abu-abu bersih itu memiliki label “SAN” di bagian depan dan samping, menandakan operator pemilik kendaraan ini, Siliwangi Antar Nusa. Tapi, tepat di samping bus, dengan ukuran sepertiga tinggi kaca penumpang, ditempelkan tulisan besar: VOLVO. Bus ini tampak membanggakan dengan mesin bus buatan Swedia yang mereka gunakan.

Kurnia Lesani Adnan, Direktur Siliwangi Antar Nusa, memberi alasan mengapa merek mesin Volvo yang mereka beli pada 2003 - 2005 itu dipasang besar-besar. Ia memanfaatkan opini masyarakat saat itu, sekitar sepuluh tahun lalu bahwa Volvo itu kendaraan berkelas, nyaman, dan tahan lama. Dengan menggunakan Volvo, katanya, “Penjualan tiket PO SAN terdongkrak.”


Foto: Detik

Meski begitu, dalam Majalah Detik Edisi 115 , dari armada sebanyak 76 bus, SAN hanya mengoperasikan delapan buah Volvo. Sisanya dari berbagai merek. Ini karena persaingan pasar mesin bus memang ketat dan SAN memiliki banyak pilihan mesin.

Berbeda dengan kendaraan kecil, pembeli bus memang bisa memilih mesin dan body bus secara terpisah. Mereka bisa memesan body di karoseri, seperti New Armada di Magelang, Laksana di Semarang atau Adi Putro di Malang. Sedangkan chassis beserta mesinnya bisa memilih sejumlah merek, termasuk Volvo.

Sumber: detik
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers