Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

17 March 2014

Pesawat Pesawat Yang Hilang Misterius

Hingga kini keberadaan pesawat maskapai Malaysia Airlines jenis Boeing 777-200ER dengan nomor seri MH370 belum diketahui. Pesawat yang membawa 239 penumpang, termasuk 2 bayi dan 12 awak kabin itu hilang kontak sejak Sabtu 8 Maret dini hari.

Belum ada indikasi yang signifikan untuk dijadikan petunjuk nasib pesawat. Tak ada laporan cuaca buruk. Ada dugaan penumpang gelap yang melancarkan terorisme. Namun belum ada bukti yang kuat.

Sejumlah ahli penerbangan pun mengaku bingung dengan hilangnya pesawat tanpa jejak. Seorang pakar penerbangan mengatakan, semua pilot penerbangan internasional tentu sudah dilatih untuk melakukan panggilan darurat atau mayday sesulit apapun kondisinya. Namun entah kenapa bisa tak ada kabar dari pilot yang dipimpin Kapten Zaharie Ahmad Shah itu.

"Sesuatu yang ekstrem mungkin bisa terjadi, sehingga membuat pilot tak bisa melakukan panggilan mayday meski sudah dilengkapi alat darurat," ujar pakar yang tidak disebutkan namanya itu kepada Kantor Berita Malaysia, Bernama, Minggu (9/3/2014).

Peristiwa hilangnya MH370 Malaysia Airlines mengingatkan kembali ingatan rakyat Indonesia atas raibnya pesawat Boeing 737-400 bernomor registrasi PK-KKW milik Adam Air yang lepas landas dari Bandara Juanda Surabaya pada 1 Januari 2007 silam. Pesawat berpenumpang 96 orang itu hilang begitu saja tanpa ada jejak yang signifikan.

Namun tak hanya 2 kasus pesawat itu saja yang hilangnya misterius. Ada sejumlah pesawat lain yang mengalami hal serupa. Seperti yang terjadi pada maskapai Air France pada 2009.
Pesawat Airbus A330 yang mengangkut 228 penumpang dari Brasil ke Prancis itu dinyatakan hilang. Diduga tersapu badai di Samudra Atlantik, karena ada pesan singkat seperti suara gemuruh yang tertangkap radar. Dua tahun kemudian, puing-puing pesawat tak ditemukan, termasuk jasad para penumpang.

Kasus lain, pada 1939, pesawat yang mengangkut petualang terkenal Amelia Earhart dilaporkan hilang di Samudera Pasifik dalam penerbangan menuju Hawaii. Dugaan terkuat, seperti dimuat Mirror, menyebut pesawat Earhart jatuh di laut.

Pesawat British South American Airways (BSAA), the Star Tiger juga hilang dalam perjalanan dari Santa Maria di Azore menuju kawasan Bermuda, pada 30 Januari 1948. Pesawat tak ditemukan meski pencarian sudah dilakukan.

Hal serupa juga terjadi setahun kemudian. Pesawat BSAA hilang dalam perjalanan dari Bermuda menuju Jamaika pada 17 Januari 1949. Pesawat juga tak kunjung ditemukan.

(Ismoko Widjaya)
liputan6.com
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Pesawat Pesawat Yang Hilang Misterius. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers