Pin It

08 May 2021

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 16:09

Pernah Lihat Buah Wijayakusuma? Begini Wujudnya

Pernahkah Anda melihat buah Wijayakusuma? Saya yakin banyak yang belum pernah melihat buah dari tanaman bunga Wijayakusuma. Jangankan melihat buahnya, melihat bunganya saja jarang lha wong mekarnya tengah malam. Sebelum saya tulis di blog widodogroho.com, sudah saya posting di akun Twitter @widodogroho milikku juga banyak yang komentar keheranan hehehe… Saya sendiri sudah beberapa kali melihat tanaman bunga Wijayakusuma milik saya berbuah. Sebelumnya juga saya pernah dilihatin buah Wijayakusuma oleh teman saya, Om Yanuar Ranuay dari Bekasi. 

Pernah Lihat Buah Wijayakusuma? Begini Wujudnya
Buah Wijayakusuma

Dan ini foto buah Wijayakusuma dari pohon yang sama tetapi saya ambil pakai kamera yang berbeda. 

Pernah Lihat Buah Wijayakusuma? Begini Wujudnya
Buah Wijayakusuma

Tanaman Wijayakusuma memiliki nama latin Epiphyllum oxypetalum dan termasuk jenis tanaman kaktus yang mempunyai kelas dicotiledoneae. Seperti kebanyakan kaktus yang berbuah, buah Wijayakusuma juga bisa dimakan. Meskipun bentuknya kecil, buah ini memiliki daging buah dan rasanya manis sedikit asam hampir sama dengan rasa buah naga. 


Yang membedakan dengan buah Naga, bentuk buah Wijayakusuma kecil membulat tidak seperti buah Naga yang permukaannya memiliki pola seperti kulit naga. Buah dari wijaya kusuma kecil dan mengkilap. Permukaannya terkadang bergelombang kadang cenderung halus dengan warna merah dan daging buah berwarna putih dengan biji halus berwarna hitam. 

Jika kita belah bagian dalam buah Wijayakusuma sama persis dengan buah naga.

Pernah Lihat Buah Wijayakusuma? Begini Wujudnya
Bagian dalam buah Wijayakusuma mirip buah Naga


Asal-Usul Tanaman Wijayakusuma


Sudah bahas buahnya kan, sekarang kita bahas tanaman Wijayakusuma. Wijayakusuma sendiri berasal dari dua kata, yakni wijaya dan kusuma. Dalam bahasa Jawa Kuno, wijaya berarti kemenangan/keberhasilan dan kusuma berarti bunga. Dalam mitologi Jawa, tumbuhan ini dianggap pohon sakti. Kalangan masyarakat Yogyakarta dan Surakarta, khususnya keraton, percaya bahwa seorang raja yang akan naik tahta haruslah memiliki bunga wijayakusuma sebagai syarat. Menurut buku Belajar Spiritual karya Ki Juru Bangunjiwa terbitan Jogja Bangkit Publisher, bunga ini juga dipercaya sebagai pusaka keraton Dwarawati titisan Wisnu sang pelestari Alam, Batara Kresna. 


Karena saking banyaknya mitos mengenai tanaman bunga Wijayakusuma, pasti banyak yang mengira bahwa tanaman ini berasal dari Indonesia. Padahal aslinya tanaman ini berasal dari Venezuela, Amerika Latin. Tanaman Wijayakusuma ini dibawa oleh pedagang-pedagang Tiongkok ke Indonesia pada masa kerajaan Majapahit. 


Cara Menanam Bunga Wijayakusuma 


Bagaimana cara menanam tanaman bunga Wijayakusuma? Cara menanam bunga wijayakusuma sangat mudah, karena tanaman ini mudah tumbuh. Cara menanamnya cukup menyediakan media tanam dalam pot. Lalu masukkan bibit bunga wijaya kusuma yang berkualitas, atau bisa juga dengan stek.


Lakukan penyiraman rutin agar bibit dapat berkembang dengan baik. Pada saat proses pertumbuhan, bunga wijaya kusuma tidak membutuhkan banyak air, jadi jangan terlalu banyak air ketika kita menyiram tanaman ini. 

Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers