Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

19 March 2014

5 TIPS NGEBUT DI JALAN RAYA AGAR TETAP AMAN

Sebenarnya tips ini hanya untuk pemula yang belum terbiasa berkendara cepat di saat mengalami kegentingan waktu. Ingat hanya untuk mengejar waktu yang sempit, bukan untuk aksi ugal-ugalan di jalan raya
tidak untuk dipraktekkan dalam kondisi yang normal (tidak terburu-buru).



Saya pikir semua orang akan melakukan hal tersebut (ngebut) ketika dihadapkan pada posisi yang genting.

Okelah kalo begituh kita mulai

1. Perhatikan Diri Dan Kendaraan
Persiapkan diri, dalam artian pribadi anda sangat berpengaruh untuk memulai berkendara, fokuskan bahwa diri anda akan menghadapi ramainya lalu-lintas di jalanan yang memerlukan konsentrasi penuh, sisihkan sejenak problem yang ada di kepala dan hati anda.

Kemudian perhatikan sejenak kendaraan Anda, pastikan alat-alat pendukung utama untuk berkendara di jalan raya berfungsi secara normal (seperti rem, klakson, lampu-lampu dsb). Jangan lupa nyalakan lampu depan ketika sudah berada di jalan raya.

2.Siapkan Mental
Anda harus ‘pede’ dan yakinkan diri bahwa anda mampu untuk menyalip kendaraan apapun yang berada di depan anda nanti dengan cerdas. Mulailah berkendara dengan perasaan tenang, seolah anda memang ingin menikmati berkendara cepat di jalan raya.

3. Tempatkan Kendaraan Pada Posisi Yang Tepat
Posisi kendaraan sebaiknya berada ditengah jalan tanpa melewati marka, dengan begitu pengendara lain akan mengerti bahwa anda sedang butuh waktu lebih cepat dari mereka, sehingga dengan sendirinya pengendara lain akan memahami hal tersebut dan akan lebih memberikan anda posisi yang lebih luang dan menjaga jarak mereka dengan anda, karena pada intinya dalam berkendara di jalan raya adalah saling pengertian antar sesama pengendara. Jika Anda berada pada kondisi dan posisi yang aman serta cukup lengang, jangan sungkan untuk ‘memporsir’ gas dengan penuh.

4.Menyalip Dengan Benar
Ketika anda berada di belakang kendaraan, jangan berikan ruang dan kesempatan kendaraan yang ada di belakang Anda untuk mendahului, dengan cara tetapkan posisi jarak tersempit anda dengan kendaraan yang akan Anda salip. Usahakan jangan salip kendaraan dari sebelah kiri karena bisa berbahaya.

Ingat, jangan sekali-sekali anda menyalip di tikungan tajam yang anda sama sekali tidak mengetahui keadaan di depan seperti apa.

5. Ingat Jurus Yang Paling Jitu
Jurus paling jitu itu adalah sebuah pertanyaan mengapa kita memutuskan untuk ngebut? Tak lain karena kita terburu-buru. Mengapa terburu-buru? Nah ini dia letak permasalahannya! Kata kuncinya adalah karena kita tidak disiplin waktu, maka jurus terampuh adalah disiplinlah dengan waktu Anda, maka kelak takkan lagi banyak alasan mengapa kita ngebut. Dengan begitu kita akan menjadi menjadi pribadi yang baik dalam memulai aktifitas apapun dengan hasil yang akan lebih baik pula tentunya.

Selamat mencoba.

Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai 5 TIPS NGEBUT DI JALAN RAYA AGAR TETAP AMAN. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers