Pin It

25 March 2014

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 10:50

Alex Townsend, Sang Pelopor Bus Sebagai Ruang Kelas

“Sang Pelopor Computer Bus”. Julukan tersebutlah yang mungkin terngiang di kala kita mendengar nama Alex Towsend. Pasalnya, pria asal Inggris tersebut yang mendapat gelar prestisius dari Apple sebagai salah satu inovator Mac karena bus edukasinya.



Pria yang berprofresi sebagai seorang guru ini sendiri telah mengajar internet kepada anak-anak di Manx menggunakan sebuah computer bus selama hampir 16 tahun lamanya. Alex Townsend atau yang dikenal dengan nama pria bus komputer telah temasuk kedalam daftar nama pionir pembuat dampak yang besar dengan komputer dalam kurun waktu 30 tahun terakhir yang dikeluarkan Apple untuk memperingati peringatan 30 tahun berdirinya Mac.



Townsend mengatakan, dengan dimasukkan namanya kedalam daftar adalah sebuah peristiwa yang cukup mengejutkan. Dia mengira email pemberitahuan yang masuk ke dalam inboxnya adalah spam. “Ketika aku mengikutinya aku tidak dapat mempercayainya. Itu adalah penghargaan yang besar,” paparnya, dalam BBC News (03/02)

Bus Edukasi Komputer
Semuanya dimulai di tahun 1990. Pada saat itu Alex Townsend mengajar sebagai sebuah guru di sebuah pulau di Inggris. Tiba-tiba dia datang dengan sebuah gagasan tentang ide tentang sebuah bus edukasi internet.

Townsend lalu mengubah sebuah bus yang telah mati menjadi sebuah ruang kelas berjalan. Di dalam media itulah dia mengajarkan internet kepada anak-anak di pulau tersebut.

Pada saat peluncurannya di tahun 1998 bus tersebut mendapat gelar sebagai sebuah "fasilitas terkini untuk edukasi komputer menuju abad ke 21". Pengubahannya sendiri memakan waktu sekitar enam bulan sampai penyelesaian.

Untungnya Townsend mendapat dukungan dari Departemen Edukasi Isle of Man dan disponsori oleh Manx Telecom. Busnya sendiri berisi 23 komputer Mac yang bertugas untuk mengunjungi semua sekolah utama di pulau tersebut. Townsend sendiri adalah orang yang bertugas untuk mengendarai, membersihkan, mengecat, dan mengajar di sana.

Walau sempat dianggap remeh oleh kebanyakan orang, dia tetap percaya dengan projectnya tersebut. Sekarang Townsend sudah dapat menikmati hasilnya dengan banyak anak-anak yang sudah paham internet dan menggunakannya secara benar. (MOS)

Editor :Edwardson
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email