Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

24 March 2014

Motor Irit Bertenaga Dengan Water Injection

Prinsip water injection adalah meng-injeksi butir / kabut air ke ruang bakar mesin.
Kelebihan Water Injection :
1. Pengapian lambat, efek serasa memakai pertamax padahal cuma cukup dg premium
2. Tenaga dan torsi juga serasa meningkat
3. Otomatis speed nambah (sekitar 10 - 20 kmh)
4. Lebih irit , karena Water Injection mensyaratkan seting karbu lean. pernah ujicoba dengan Thunder 125 hasilnya 1 liter premium lebih dari 65 km dengan kecepatan ekonomis (50-60 km/h jalur lancar tidak macet).
5. Ruang bakar serasa dibilas, jadi bersih dari kerak
6. Tidak ada gejala overheat padahal seting karbu dibikin lean
7. Mesin lebih halus
8. Untuk rpm rendah terkadang tenaga serasa liar
9. Masih bisa ditingkatkan lagi powernya dengan mencampur air dengan alkohol/methanol. Presentase terserah, lebih banyak alhokol lebih terasa powernya
10. Busi menjadi merah bata, pertanda ruang bakar bisa bekerja maksimal dan sempurna



Kelemahan Water Injeksi :
1. Pemakaian lama, tanki air bisa keluar lumutnya
2. Air yg diinjeksikan harus air yg bermutu tinggi , sehingga tdk merusak mesin. Usahakan air murni tanpa mineral, misal air accu atau air radiator. Kasus : pada karbu vakum , baut kupu2 di dlm karbu berkarat.
3. Pada sistem diatas yg masih sederhana, rpm rendah mesin lumayan terganggu, susah untuk stasioner karena justru saat idle itulah sedotan water injection yg terbesar.
4. Jangan letakkan tabung dg posisi lebih tinggi dari manifold, karena justru saat mesin mati, air tetap mengalir.

Water Injeksi dengan konsep diatas sudah diuji coba selama 2 sampai 3 bulan dengan objek percobaan Suzuki Thunder 125cc. Ada kemungkinan perubahan seting sesuai dengan sepeda motor anda masing-masing.

Water Injection diatas berfungsi sebagai pendingin ruang bakar, sehingga mesin menjadi efektif dan efisien. Tetapi, bila anda menginginkan air sebagai bahan bakar / booster pada mesin anda, gunakan saja Hydrogen Generator atau HH-O (Hydrogen Hydrogen Oksigen). HH-O mempunyai prinsip kerja memisah atom air yg terdiri dari H2O menjadi hydrogen sendiri dan oksigen sendiri. Kedua zat itulah yg akan di injeksikan ke mesin. Seperti kita tahu Hydrogen adalah zat yg mudah terbakar sedangkan Oksigen adalah zat yg mendukung pembakaran. Baik HH-O maupun Water Injeksi mengindikasikan setelan lean pada mesin sehingga otomatis bbm akan irit pula dan akan di bahas setelah ini.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Motor Irit Bertenaga Dengan Water Injection. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers