Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

01 March 2014

Museum Kereta Api Ambarawa

Sesuai dengan namanya, Museum Kereta Api ini terletak di kota Ambarawa, Kab Semarang, provinsi Jawa Tengah. Waktu tempuh perjalanan sekitar satu jam dari Ungaran (ibukota kabupaten Semarang).

Lokomotif Uap


Nama Benda : Ganjal Rel
Lokasi : Museum Kereta Api Ambarawa
Bahan : Logam dan kayu
Periodisasi : Masa Kolonial
Diskripsi : Ganjal rel merupakan koleksi Museum Kereta Api Ambarawa

Ganjal Rel


Nama Benda : Rel dan Roda Kereta Api bergerigi
Lokasi : Museum Kereta Api Ambarawa
Bahan : Logam
Periodisasi : Masa Kolonial
Diskripsi : Rel dan roda kereta api ini merupakan salah satu peninggalan kolonial dalam hal transportasi khusus yang bergirigi ini dimanfaatkan untuk jalan menanjak. Sampai saat ini masih bisa difungsikan.

Rel Dan Roda Bergerigi


Nama Benda : Mesin Cetak Karcis Edmonson
Lokasi : Museum Kereta Api Ambarawa
Bahan : Logam
Periodisasi : Masa Kolonial
Diskripsi : Mesin Cetak karcis Edmonson merupakan koleksi Museum Kereta Api Ambarawa digunakan sebagai alat bukti pembayaran perjalanan Kereta Api. Alat ini digunakan sejak tahun 1890. Alat ini diciptakan oleh Thomas Edmonson. Di Indonesia penggunaan alat ini digunakan pada era Hindia Belanda oleh NIS percetakan Edmonson. Alat ini mulai tidak digunakan pada Bulan Oktober 2009.

Mesin Cetak Karcis Edmonson
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Museum Kereta Api Ambarawa. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers