Pin It

29 March 2014

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 08:56

Persaingan Ketat Antar Karoseri Bus

Kebisingan memenuhi pabrik karoseri yang terletak di kawasan Legok, Tangerang Selatan, pekan lalu. Sejumlah pekerja sibuk membuat dan merakit kerangka bus ke sasis mobil yang masih “telanjang”. Sebagian lagi mengecat bus yang badannya sudah jadi dengan warna lapisan dasar abu-abu. Di deretan lain, berjajar bus yang tinggal dipasangi kaca dan pintu, tapi sudah dicat hijau dengan tulisan “Kopaja”.

“Kami memang mendapat order membuat bus Kopaja sebanyak 100 unit (untuk setahun),” kata Untung Raharjo Gunawan, presiden komisaris perusahaan karoseri PT Sukses Tunggal Mandiri. Gubernur Joko Widodo memang sedang menggalakkan angkutan umum sehingga mereka membutuhkan ratusan bus Kopaja berpenyejuk udara dan dilengkapi Wi-Fi untuk melayani warga Jakarta.

Meski demikian, pesanan ratusan bus medium dari Jokowi itu belum bisa menempatkan Sukses Tunggal Mandiri sebagai perusahaan karoseri bus terbesar Indonesia. Salah satu perusahaan karoseri bus terbesar Indonesia, New Armada, yang bermarkas di Magelang, Jawa Tengah, misalnya, bisa membuat 150 bus besar per bulan dan ia bukan satu-satunya pemain besar untuk karoseri bus.

Harris Imam Suntoko, General Sales Manager New Armada, menyebut pesaing utama perusahaan dengan 2.000 karyawan lebih itu adalah Adi Putro, Laksana, Morodadi Prima, serta Rahayu Sentosa. “Persaingan bisnis karoseri cukup ketat,” kata Harris.


Foto: Detik

Sumber: Detik
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email