Pin It

28 May 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 08:26

Saat Pasang Ban, Wajib Perhatikan Titik Keseimbangan Ban

Saat ban mobil atau motor kita telah gundul, kita wajib mengganti ban yang sudah habis masa pakai tersebut. Tapi, jangan sembarangan memasang ban baru karena ada tata caranya. Jika ingin memasang ban, harus diperhatikan titik beratnya. Pemasangan titik beratnya harus pas agar mendapatkan keseimbangan yang maksimal. Bagaimana cara mengetahuinya? Titik paling ringan ban biasanya ditandai dengan tanda titik dengan cat. Saat pemasangan, titik ini harus diletakkan tepat pada posisi lobang pentil di pelek karena itu merupakan titik terberat pelek.

Saat Pasang Ban, Wajib Perhatikan Titik Keseimbangan Ban
Teknik pemasangan ban

Teknik pemasangan ban ini berlaku untuk ban sepeda motor ataupun ban mobil. Terlebih untuk ban motor yang akan cukup memberikan dampak saat berkendara.

Sepelekan Tekanan Angin Penyebab Ban Cepat Rusak

Tekanan angin ban juga sangat berpengaruh pada awet tidaknya sebuah ban. Maka, jangan anggap sepele tekanan angin pada ban, agar ban awet. Tekanan angin pada ban merupakan hal penting yang sering dianggap sepele. Faktanya adalah tekanan angin pada ban memegang peranan penting dalam menjaga durabilitas si karet bundar ini.

Saat Pasang Ban, Wajib Perhatikan Titik Keseimbangan Ban

Efek tekanan angin yang berlebih dapat membuat tekanan pada sisi pelek, sehingga ban bisa meledak ataupun daya cengkram ban berkurang. Begitu juga dengan kurangnya tekanan angin dapat membuat ban terkelupas ataupun umur ban lebih pendek.

Berdasar pengalaman, 80 persen kerusakan pada ban disebabkan oleh tekanan angin yang tidak tepat. Bisa jadi angin terlalu keras maupun kurang angin. Maka agar ban awet pastikan tekanan ban pada mobil mengikuti petunjuk dari pabrikan. Biasanya ukuran ban ditempel pada bagian pintu pengemudi.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers