Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

02 August 2016

Kunci T Untuk Mobil Dan Motor, Fungsi Sama Bentuk Beda

Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai perkakas wajib dimiliki bagi anda yang hoby bongkar pasang mesin mobil maupun motor. Kunci T atau dikenal juga dengan shock T handle, merupakan perkakas yang memudahkan dalam membongkar baut. Namun banyak kesalahan persepsi terkait jenis kunci T. Kunci T untuk keperluan teknis pada mobil berbeda dengan yang digunakan untuk sepeda motor. Kunci T untuk mobil, penampang atau joinnya dapat diputar dan ujungnya bisa disambung agar lebih panjang. Sehingga memudahkan untuk menjangkau area yang sempit.


Aspek ergonomi inilah yang membuat kunci T dipilih sebagai hand tools yang melengkapi perkakas standar di jaringan bengkel resmi. Penggunan kunci T terbilang penting, mengingat pada beberapa bagian membutuhkan kunci T. Kunci T digunakan untuk membuka dan mengendurkan baut dengan arah vertikal dan sempit. Misalnya baut bodi ataupun baut di daerah alternator. Oleh karenanya kunci T menjadi salah satu special tools pada mayoritas bengkel resmi dari sejumlah pabrikan mobil. Di bengkel resmi, kunci T termasuk special tools. Penggunaannya efektif untuk membuka baut di ruang yang sempit, tentu disesuaikan dengan fungsinya.

Penggunaan kunci T juga dapat menekan risiko baut slek, sebab konfigurasinya lebih mampu meng-cover seluruh kepala baut. Ukuran kunci sok T dimulai dari 8 mm, 9 mm, 10 mm, 11 mm, 12 mm, 13 mm, 14 mm, 17 mm dan 19 mm. Range harganya Rp 35.000 hingga Rp 60.000. Perlu diketahui pula soal material lapisan finishing dari kunci T yang juga dapat menentukan kualitas. Terdapat 5 jenis lapisan finishing yakni chrome plated, satin finish, nickel satin finish, polish finish with black side dan black finish. Untuk kualitas paling unggul adalah chrome plated dan satin finish, tentu harganya juga lebih mahal.

Kunci T Untuk Motor

Penggunaan kunci T konvensional lebih dominan untuk keperluan ngebengkel sepeda motor. Alhasil perkakas yang umumnya memiliki finishing berwarna hitam ini mutlak tersedia pada bengkel motor. Keberadaan kunci T penting banget. Terlebih untuk kunci T8 dan T10. Misalnya untuk mengendurkan dan mengencangkan baut bodi, cover CVT dan lain sebagainya.


Untuk ukuran dan harga juga sama antara kunci T mobil dan motor. Ukuran kunci sok T dimulai dari 8 mm, 9 mm, 10 mm, 11 mm, 12 mm, 13 mm, 14 mm, 17 mm dan 19 mm. Range harganya Rp 35.000 hingga Rp 60.000. Perlu diketahui pula soal material lapisan finishing dari kunci T yang juga dapat menentukan kualitas. Terdapat 5 jenis lapisan finishing yakni chrome plated, satin finish, nickel satin finish, polish finish with black side dan black finish. Untuk kualitas paling unggul adalah chrome plated dan satin finish, nickel satin finish, polish finish with black side dan black finish. Untuk kualitas paling unggul adalah chrome plated dan satin finish, tentu harganya juga lebih mahal.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Kunci T Untuk Mobil Dan Motor, Fungsi Sama Bentuk Beda. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers