Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

06 August 2016

Rekor Go-Jek Dalam Catatan

Sebagai penggemar dan pemerhati transportasi publik, saya pun diam-diam mengamati perkembangan Go-Jek yang cukup menarik dan banyak mencatatkan rekor. Nah inilah berbagai rekor Go-Jek dan fakta menarik perkembangan start-up teknologi transportasi online paling fenomenal di Indonesia. Meski harus bersaing dengan Uber dan Grab, Go-Jek sudah bermitra dengan lebih dari 200.000 pengendara ojek dan beroperasi di 10 kota besar lebih di tanah air.


Layanan dari Go-Jek pun jenisnya sangat banyak, total ada 12 layanan! Yang terbaru, sekaligus mulai banyak diminati adalah layanan sewa mobil online, GoCar.Layanan antar makanan, Go Food, juga disebut sudah bekerja sama dengan 35.000 pedagang di seluruh Indonesia.

Pertama, aplikasi Go-Jek dilaporkan sudah diunduh lebih dari 20 juta kali hingga tanggal 30 Juni 2016. Aplikasi itu sendiri pertama dilaunching bulan Januari 2015 dan sudah mendapat jutaan orderan hanya dalam beberapa bulan saja.

Kedua, soal orderan, Go-Jek mengklaim bila ada 20 juta orderan yang masuk platform mereka. Artinya, selama satu bulan itu, setiap detiknya ada 8 orderan yang diterima oleh Go-Jek. Tak aneh bila Go-Jek mengklaim bila selama bulan Mei 2015 sampai Juni 2016 ini, perusahaannya tumbuh 100 kali lipat.

Ketiga, layanan ojek online Go-Jek, inti usaha start-up itu diklaim memiliki lebih dari 200.000 pengendara yang sudah profesional. Hal ini menjadikan Go-Jek sebagai penyedia layanan ojek online terbesar di Indonesia.

Keempat, layanan Go-Food, disebut sebagai layanan antar makanan dengan permintaan terbesar di dunia (tidak termasuk China). Sejak diluncurkan, Go-Food sudah melayani order hingga 15 juta kali.

Kelima, layanan Go-Pay dikatakan sebagai solusi dompet digital atau e-wallet dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Layanan yang pertama lahir bulan April 2016 lalu ini memang dianggap memudahkan pengguna karena bisa digunakan untuk melakukan pembayaran untuk semua layanan Go-Jek.

Go-Jek Dapat Suntikan Dana Besar

Go-Jek kabarnya juga telah menerima pendanaan (funding) baru senilai USD 550 juta atau setara dengan Rp 7,2 triliun. Dikutip dari TechinAsia (05/08), pendanaan yang diumumkan oleh Go-Jek menjadi pendanaan terbesar yang pernah diterima Go-Jek sekaligus start-up teknologi se Asia Tenggara. Hebatnya, pendanaan tersebut diterima Go-Jek hanya setelah 10 bulan pasca menerima funding dari Sequoia Capital.

Lebih lanjut, funding bernilai triliunan rupiah tadi didapatkan Go-Jek dari sebuah konsorsium investor global. Investor yang tergabung di dalamnya antara lain KKR, Warburg Pincus, Farallon Capital, dan Capital Group Private Markets.

Menariknya lagi, ventura Rakuten juga baru terungkap ambil bagian dalam pendanaan Go-Jek periode sebelumnya. Kabarnya, Go-Jek akan menggunakan pendanaan raksasa itu untuk melakukan ekspansi ke negara-negara Asia Tengara lain.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Rekor Go-Jek Dalam Catatan. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers