Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

26 August 2016

Pesona Air Terjun Superman’s Big Sister Dalam Goa Barat Kebumen

Jika anda berkunjung ke Kebumen, anda harus mengeksplore tempat-tempat eksotis yang ada di kota lawet ini. Salah satu tujuan wisata petualanga terbaik adalah Superman’s Big Sister yang ada dalam Goa Barat. Superman’s Big Sister memang sebuah nama yang cukup asing dan belum begitu di kenal masyarakat luas. Goa Barat ini berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Nama Goa Barat berasal dari bahasa jawa yang berarti Goa angin. Dan menurut sang juru kunci kenapa diberi nama Goa barat karena dari dalam goa selalu menghembuskan angin ke luar mulut goa. Angin kencang ini dalam bahasa Jawa disebut angin barat.


Goa Barat terkenal memiliki 100 air terjun di dalamnya, sebenernya sih gak sampai 100 air terjun. Hanya karena saking banyaknya disebutlah 100. Air terjun ini berketinggian 0,5-10 meter yang menjadi jalur tirta dari mata air di kedalaman karst hingga keluar menjadi sungai permukaan. Dan salah satu dari 100 air terjun tersebut mempunyai ketinggian mencapai 32 meter. Karena airnya deras serta ketinggiannya yang luar biasa, maka para petualang goa yang sudah internasional memberi nama Superman’s Big Sister. Nama Superman’s Big Sister diberikan oleh Cahyo Alkantana, seorang pria yang pertama kali berhasil menelusuri Gua Barat hingga mencapai ujung pada tahun 1996 lalu. Saat itu Cahyo Alkantana menelusuri Goa Barat Bersama dengan tim gabungan Indonesia-Prancis.


Lokasi Goa Barat mudah sekali di akses karena terletak di sebelah timur Goa Jatijajar. Goa Barat ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan ojek. Jaraknya dari Goa Jatijajar sekitar kurang lebih 2 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 15 – 20 menit. Akses jalannya yang sudah lumayan bagus, sehingga akan membuat para wisatawan nyaman. Para wisatawan nggak perlu khawatir tersesat karena sepanjang jalan akan ada papan petunjuk menuju lokasi.

Untuk menuju Superman’s Big Sister Goa Barat kita mulai dari pintu masuk yang lumayan sempit. Untuk masuk sampai ke Superman’s Big Sister Goa Barat membutuhkan beberapa peralatan pengaman seperti baju caving, helm, dan penerang atau senter. Jangan khawatir sebab selama perjalanan menelusur goa, para penelusur akan ditemani oleh pemandu yang juga membawa lampu petromaks. Untuk melakukan kegiatan caving ini para penelusur harus membayar sebesar Rp 30.000/orang.


Di dalam goa Barat kita akan menyaksikan jenis batuan yang telah mengkristal hingga membentuk susunan yang unik. Warna batuannya beragam, mulai dari hitam, keabuan, coklat, dan kekuningan. Airnya sangat jernih dan dingin. Hal ini karena aliran sungai berada di dalam goa. Stalaktit dan stalakmite menjadi pemandangan tambahan yang akan membuat kita berdecak kagum.

Dan sampailah kita pada grojokan air yang deras. Nah, grojokan inilah yang dinamakan air terjun Superman’s Big Sister. Buat sampai ke tempat ini menempuh perjalanan 6 jam pulang pergi. Penelusuran ditemani batu karang dan 95% menempuh perjalanan air dalam goa. Benar-benar Surga dalam perut bumi yang masih jarang terjamah orang. Sebenernya Superman’s Big Sister bukanlah ujung pesona dari goa Barat yang terselinap sunyi pada lekuk Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS). Jika penelusuran goa diteruskan lebih dalam, butuh bekal dan peralatan lebih lengkap. Perlu waktu berhari-hari seperti yang dilakukan tim ekspedisi hingga titik yang dinamakan Tataquine. Tataquine dari Superman’s Big Sister masih berjarak lebih dari 3 km dengan medan yang lebih berat dan menantang.

Anda ingin wisata dan berpetualang menyusuri gua? Ya di Goa Barat tempatnya, kalian akan menemukan keindahaan alam di perut bumi yang tiada duanya. Ayo ke Kebumen, Kebumen itu indah.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Pesona Air Terjun Superman’s Big Sister Dalam Goa Barat Kebumen. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers