Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

13 August 2016

Mahalnya Biaya Wisata ke Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur

Aku akui Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki beberapa wisata andalan yang terkenal sangat eksotis, di antaranya Taman Nasional Pulau Komodo, Danau Kelimutu, Alor, Maumere, Sumba, dan Labuan Bajo. Sayang, meski minat wisatawan untuk mengunjungi daerah tersebut cukup tinggi, tak jarang mereka mengurungkan niat karena terbentur biaya yang relatif mahal.


Memang, biaya akomodasi untuk berwisata ke NTT relatif mahal. Itu karena NTT masih terbatas sarana dan prasarana. Harga mahal itu nantinya juga sebagian untuk pembangunan. Selain itu, rute penerbangan menuju NTT juga masih sangat terbatas, harganya pun relatif mahal.

Untuk menuju NTT harus melalui beberapa kali transit pesawat. Bila dari Pulau Jawa, maka harus transit di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Kemudian, melanjutkan perjalanan selama 2 jam dengan pesawat yang berkapasitas 40-50 penumpang.

Kita semua berharap ke depannya pemerintah pusat dan juga NTT secara bertahap bisa segera membenahi permasalahan ini guna meningkatkan potensi wisata yang dimiliki daerah tersebut. Semoga nanti segera ada rute penerbangan yang lebih mudah, dengan biaya yang lebih murah agar salah satu destinasi wisata andalan yakni Pulau Komodo menjadi ramai.

Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300 ekor komodo. Ditambah dengan pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang, jumlah mereka keseluruhan mencapai sekitar 2500 ekor. Ada pula sekitar 100 ekor komodo di Cagar Alam Wae Wuul di daratan Pulau Flores tapi tidak termasuk wilayah Taman Nasional Komodo.

Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblonga tadi yakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih dan enak seperti kacang polong.
Pulau Komodo juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Mahalnya Biaya Wisata ke Pulau Komodo Nusa Tenggara Timur. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers