Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

17 August 2016

Motor Buatan Rusia, Ural Resmi Masuk Indonesia Dan Ini Harganya

Malam ini saya akan sedikit mengulas salah satu motor tangguh buatan Rusia, Ural yang resmi di jual di Indonesia. Ural Motorcycle adalah salah satu yang terkenal badak ketika zaman perang. Namun Ural tidak banyak dikenal orang, kecuali mereka yang hoby motor klasik.


Ural hingga kini adalah perusahaan motor milik pemerintah Rusia dan mewajibkan seluruh pegawai pemerintah jika ingin memiliki motor untuk membeli Ural.

Nah saat pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS 2016) di ICE BSD City kemarin nampak beberapa motor Ural ikut di display. Keikutsertaan mereka di pameran otomotif nasional kali ini untuk memberitahu bahwa Ural Motorcycle sudah resmi masuk ke Indonesia melalui PT Hobby Motor Indonesia. PT Hobby Motor Indonesia sendiri kita kenal sebagai produsen motor nasional dengan merek Soib.

Tentunya sangat mengejutkan ketika melihat Ural di Indonesia. Karena selama ini kan produk dari Rusia sangat sulit untuk masuk ke Indonesia. Selama ini kan memang tidak mudah memasukkan produk dari negara Rusia. Selain karena bank di negara kita tidak ada yang koneksi langsung ke Rusia, juga karena berbelanja barang dengan jumlah uang yang besar, menaruh kecurigaan tersendiri. Bisa-bisa nanti malah curiga kalau dikira berbelanja senjata. Namun hal itu bisa diatasi oleh PT Hobby Motor Indonesia yang menjadi importir umum Ural Motorcycle.

Harga Motor Ural Di Indonesia

salah satu motor Ural yang di jual di Indonesia dengan mesin boxer yang agak panjang dan memiliki sespan. Motor jenis ini memang sudah tenar di kalangan pecinta motor-motor klasik yang mempunyai genre petualang dan tangguh di segala medan.

Kabarnya total ada empat tipe yang masuk ke pasar Indonesia, yaitu tipe CT untuk daily riding, lalu ada Gear Up untuk penggemar adventure, M70 untuk mereka yang senang dengan model yang lebih klasik dan terakhir adalah jenis Patrol yang lebih mengakomodasi kenyamanan untuk melakukan perjalanan jauh.

Spesifikasi Motor Ural

Keempatnya menggunakan mesin 2 silinder boxer berkapasitas 749 cc, 4 langkah OHV dengan pendinginan udara, pasokan bensin injeksi. Sistem transmisi 4 speed ditambah 1 mundur. Namun agak berbeda dengan boxer yang digunakan BMW Motorrad, tipe boxer milik Ural lebih panjang.


Suspensi Ural menggunakan Marzocchi dan rem Brembo. Standar dari pabrik menggunakan sespan karena jadi ciri khas Ural, tapi sespan bisa dilepas. Istimewanya adalah seluruh bodi hingga jari-jari roda terbuat dari baja.

Di event GIIAS 2016 kemarin nampak sudah ada beberapa orang yang mulai memberikan uang muka untuk melakukan pembelian.

Berapa harga motor ural di Indonesia, dari brosur tertulis harga masing-masing type motor Ural yakni:

- Harga Ural CT: Rp345.000.000
- Harga Ural Gearp Up: Rp425.000.000
- Harga Ural M70: Rp395.000.000
- Harga Ural Patrol: Rp395.000.000

Namun harga jual keempat unit motor Ural itu adalah harga promo selama dalam Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS). Khusus selama GIIAS ada diskon Rp 20 juta. Pembeli juga harus sabar karena didatangkan langsung dari Rusia. Lama pemesanan ternyata membutuhkan waktu 4-6 bulan untuk sampai di rumah pembeli.

Sejarah Motor Ural

sejarah Ural sangat terkait dengan Pasukan Timur Terdepan selama Perang Dunia II. Pemerintah Soviet mempersiapkan segala kemungkinan termasuk membuat motor untuk mencegah infasi Nazi di Jerman.

Uni Soviet mengacu pada teknik motor BMW R71 dengan sespan dan Ural meluncurkan seri pertama mereka M-72 di 1941 dengan lokasi pabrik di Moskow, Leningrad dan Kharkov, namun semuanya diserang oleh Nazi dan fasilitas dipindahkan ke Irbit hingga sekarang, dan ke Gorkiy yang sekarang disebut Nizhny Novgorod.

Model berikutnya adalah Soviet Dpner motor yang sekarang dibawah kepemilikan Ukraina. Keduanya, Ural dan Dpner dikenal sebagai Cossack Motor yang digunakan dalam kurun 1973 dan 1979 oleh SASTRA di Inggris Raya.

Ural masuk Indonesia pun saat ini berpegang pada hubungan baik Indonesia dengan Rusia di masa lalu dan era saat ini antara Jokowi-Putin. Masuknya motor Ural ke Indonesia ini cukup unik karena proses kerjasama yang bisa dibilang politis. Hubungan baik Indonesia-Rusia di era Presiden Joko Widodo dan Vladimir Putin membuat lobi untuk mendatangkan Ural menjadi lebih mudah.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Motor Buatan Rusia, Ural Resmi Masuk Indonesia Dan Ini Harganya. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers