Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

24 August 2016

Cara Membuat Black Garlic, Bawang Putih Ajaib Penyembuh Penyakit Kronis

Kali ini saya akan membagikan tutorial membuat black garlic dengan mudah di rumah. Apa itu black gralic? Black Garlic atau Bawang Putih Hitam adalah bawang hasil fermentasi bawang putih. Bawang ini dibuat dengan menfermentasikan bawang putih pada suhu tinggi (tetapi tidak gosong) selama 10 hari hingga 3 bulan.


Manfaat Bawang Putih Hitam Bagi Kesehatan.

1. Mengatasi Kanker dan Kolestrol
dalam proses fermentasi memberikan kontribusi untuk menciptakan semacam Bawang yang memiliki 4x lipat dri bawang biasa. senyawa S-allycysteine yang lebih besar dapat membantu menurunkan kolestrol dan mengurangi risiko kanker.

2. Perlindungan Terhadap berbagai Penyakit

Bawang ini mengandung antioksida yang cukup tinggi. Antioksida ini dapat memperlambat proses penuaan, menurut www.OrganicAuthority.com Antioksida ini memberikan perlindungan dari radikal bebas.

Black garlic sebenernya bisa kita beli secara online maupun offline. Harga black garlic lebih mahal jika dibandingkan bawang biasa karena proses pembuatan yang cukup lama dan khasiat luar biasa bagi kesehatan. Harga bawang hitam 350 gr itu sekitar 60 ribu rupiah, cukup murah jika dibandingkan besarnya manfaat black garlic. Namun bagaimanapun lebih baik kita bikin black garlic sendiri seperti saya kutipkan dari situs www.shinshine.com

Pertama-tama kita pilih bawang putih yang akan kita ubah menjadi bawang hitam. Belilah bawang berkualitas dengan siung besar yang masih fresh. Jika ada satu dua siung yang kurang baik (berjamur/ busuk) maka buang dan sisakan bawang yang masih baik.

Yang kita proses adalah bawang putih masih dalam keadaan utuh dompalan besar, kupaslah kulit paling luar sehingga terlihat ada sela antar siung. Ingat cuma kulit luar bukan kulit di masing-masing siung. Kalau ada kotoran kita bisa mencuci dengan air bersih selanjutnya dikeringkan karena awang putih harus dalam keadaan kering saat diproses.

Setelah persiapan selesai, kita mulai cara membuat bawang hitam ajaib. Siapkan Magic Com anda dan setel dengan mode "Keep Warm".

Lebih disarankan menggunakan rice cooker/ magic com yang sudah tidak digunakan menanak nasi, setelah proses pembuatan black garlic pasti rice cooker akan berbau bawang yang sulit dihilangkan.

Tata semua bongkahan bawang putih di dalam rice cooker, cukup satu tingkat saja tanpa ditumpuk tumpuk. Setelah tertata rapi, tutup rice cooker lalu nyalakan dengan mode keep warm. Dengan begitu bawang putih dipanasi dengan suhu sedang yang konstan.

Seminggu setelah memulai membuat black garlic di cek keadaan bawang putih anda, sudahkan berubah warna menghitam seperti yang diinginkan? Biasanya butuh 10 hari sampai 3 bulan untuk membuat black garlic dengan rice cooker.

Black garlic juga bisa kita gunakan untuk tambahan nasi goreng, pizza, daging asap, ikan bakar, ayam panggang, olahan tumis dan masakan lainnya.

Kegagalan saat membuat black garlic biasanya terjadi karena bawang putih yang diproses terlalu lembab ataupun pembuangan uap yang kurang baik dari rice cooker. Tanda gagal adalah warna bawang yang berubah menjadi coklat bukan hitam.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Cara Membuat Black Garlic, Bawang Putih Ajaib Penyembuh Penyakit Kronis. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers