Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

15 August 2016

Keunikan Dan Keistimewaan Harimau Sumatera

Masih membahas harimau Sumatera melanjutkan tulisan sebelum ini. Harimau Sumatera merupakan hewan yang di tuakan dalam dalam adat Sumatera. Sayang, Ancaman besar dan penghancuran yang terus berlangsung terhadap hutan Sumatera ikut berdampak pada populasi harimau Sumatera. Selama ini, telah banyak diungkapkan bahwa harimau sumatera kian teracam dan banyak diburu, belum lagi dengan perusakan hutan. Hal inilah yang membuat UNESCO, sebuah badan PBB, akhirnya menempatkan hutan Sumatera ke dalam daftar warisan dunia yang terancam keberadaannya dan silahkan baca di http://whc.unesco.org/en/list/1167 Ok, kita kembali membahas harimau Sumatera. Beruntung, Awal 2015 lahir 3 anak harimau Sumatera di kebun binatang Chester, Inggris Utara.


Seperti kita ketahui bersama, negara kita Indonesia, sangatlah kaya akan budaya, legenda dan cerita tentang Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae). Sejak dahulu kala, para leluhur di tanah Batak yang tinggal berdekatan dengan habitat harimau, memanggilnya dengan sebutan Opung, sebuah panggilan kepada seseorang yang dihormati. Lain lagi di tanah Sumatera Barat dan Jambi. Sesosok Harimau disebut dengan panggilan Datuk atau Inyiak, panggilan keduanya merupakan panggilan kepada seseorang yang harus dihormati.

Masih banyak suku lain di Sumatera yang memanggil Harimau dan menempatkannya dalam posisi terhormat. Ada yang menempatkannnya sebagai simbol penjaga ketentraman wilayah, ada yang mendengarkan aumannya sebagai sebuah tanda akan datangnya bahaya. Namun sayang, penghormatan yang diberikan dulu oleh leluhur dan adat, kini tidak lagi sesuai dengan kenyataannya. Indonesia memang masih punya harimau yang tersisa di belantara hutan Sumatera, dan itupun jumlahnya tidak banyak dan semakin menyusut. Jumlah Harimau Sumatera menurut perkiraan kini hanya tinggal 400 ekor saja.

Keunikan Harimau Sumatera

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) ternyata punya keunikan dan keistimewaan tersendiri. Namun, jarang diungkapkan, apa yang menjadi keunikan spesies ikonik Indonesia itu.

Zoological Society of London yang juga memiliki program konservasi hewan bernama latin Panthera tigris sumatrae mengungkap keunikan harimau Sumatera yakni:

Terkecil

Ada 5 sub-spesies harimau yang kini masih eksis, seperti harimau Bengali, harimau Siberia, dan harimau Malaya. Harimau sumatera merupakan sub-spesies yang terkecil, hanya ditemukan di pulau Sumatera.

Berburu sejak usia setahun

Harimau sumatera memang tinggal dengan induknya hingga usia sekitar 2 tahun. Namun, menurut penelitian, jenis itu telah berburu sejak usianya setahun.

Tua

Jangan menyangka bahwa harimau sumatera adalah sub-spesies yang baru lahir. Fosil di China mengindikasikan bahwa harimau itu telah eksis sejak 2 juta tahun lalu.

Suka "Ngadem"

Tak seperti sepupu lainnya, harimau sangat senang berenang. Mereka senang "ngadem" berada di tepi sungai dan "berendam" di air sungai itu.


Pola garis unik

Pola garis tiap harimau sumatera unik. Harimau seumatera sendiri unik karena pola garisnya merupakan yang paling tipis dibandingkan dengan harimau lainnya.

Aumannyaaa....

Harimau sumatera punya auman yang super keras. Auman itu bisa terdengar hingga jarak 3 kilometer.

Jago Melompat

Bahkan jika duduk sekalipun, harimau Sumatera mampu melompat hingga jarak 10 meter.

Bulu Janggut

Harimau opunya 5 jenis bulu janggut. Bulu itu akan menangkap getaran dari mangsanya.

Gigitan Kuat

Harimau sumatera memiliki kekuatan gigitan yang kuat, mencapai 450 kilogram gaya.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Keunikan Dan Keistimewaan Harimau Sumatera. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers