Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

07 August 2016

Pembalap Motor Tempo Dulu Era Sirkuit Ancol

Sedikit bahas tentang sejarah sirkuit Ancol. Sirkuit Ancol merupakan sirkuit otomotif pertama di Indonesia & dibangun sekitar tahun 1970. Sirkuit satu-satunya dan kebanggaan bangsa Indonesia, Sirkuit Ancol sedang jaya-jayanya. Para jago balap disana memang dijuluki “Setan Ancol”. Saat itu Honda GL100 pun pernah berjaya di sirkuit Ancol.


Sirkuit balap mobil di Ancol, Jakarta Utara, menarik perhatian bukan saja karena lokasinya terletak di dalam arena rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, tapi juga karena olahraga balap ketika itu masih baru. Banyak orang penasaran. Waktu itu keran sponsor mengucur dari mana-mana. Astra dan PT Indocement misalnya, menyumbang Rp 30 juta kepada PT Jaya Ancol Sirkuit, pengelola pembangunan sirkuit. Sedangkan sisanya Rp 120 juta ditanggung PT Pembangunan Jaya.


Dalam banyak cerita yang berkembang, Tinton Soeprapto, pembalap dengan segudang prestasi oleh Gubernur DKI, waktu itu Ali Sadikin, Tinton pernah dijadikan maskot pembalap. Ini taktik untuk menyedot pembalap asing ke Jakarta.

Setelah Tinton dan konco-konco sesama pembalap setuju menggunakan kawasan Ancol sebagai arena balap, diperlukan dana untuk membangun sirkuit seluas- ketika itu- 40 ha. Tak diduga, sponsor berhamburan. Pertamina, Yamaha, Honda, dan Suzuki tercatat sebagai sponsor utama.

Sirkuit itu sendiri semula dikelola BPP Ancol. Pernah dipegang Herman Sarens Sudiro. Tinton kebagian tahun 1983. Sampai kemudian Gubernur Soeprapto mengirim desposisi kepada Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI)- saat itu- Hutomo Mandala Putra, yang akrab dipanggil Tommy. Isinya, boleh menggunakan sirkuit Ancol, sampai ada penggantinya.

Pembalap Motor Tempo Dulu Era Sirkuit Ancol

Pada waktu balapan masih di Sirkuit Ancol, itu malah zaman dulu Grand Prix itu ada. Jadi, pebalap dunia juga balap di Ancol. Lahir juga pebalap-pebalap kita seperti Abauw atau Hendra Tirta Saputra. Itu kalau dia balap di Malaysia, enggak ada musuhnya itu karena pasti yang menang adalah Abauw.

Pembalap era Ancol yang paling hebat adalah SONY SAKSONO, atau nama lengkapnya adalah SAKSONO SASTRO ATMODJO, Lahir 3 Desember 1946. Beliau berasal dari keluarga besar SASTRO ATMODJO, adik dari ANWARI S.A (pembalap era 1960an), SARSITO S.A yang juga masih kakak kandung dari SIDARTO S.A (pebalap motor dan mobil era 1970an).


Sony Saksono, adalah pembalap kenamaan Indonesia era 60-70an, bahkan satu satunya dalam sejarah GP motor dunia kelas 500cc pembalap asal Indonesia yang pernah naik podium kedua di GP Zandvoort, Belanda. Dia mengikuti balap dibawah naungan tim Belanda milik Meneer Bant.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Pembalap Motor Tempo Dulu Era Sirkuit Ancol. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers