Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

31 July 2016

Asal Usul Hari Minggu Menjadi Tanggal Merah Dan Hari Libur

Sekarang hari minggu yang merupakan hari libur dan besoknya kita masuk kerja. Sebagian orang ‘membenci’ hari Senin, karena Senin menjadi hari pertama untuk beraktivitas setelah libur di hari Minggu.


Mengapa Minggu Menjadi Tanggal Merah?

Pemilihan hari minggu sebagai hari libur nasional merupakan tradisi sejak zaman Romawi kuno yang dimulai di Italia. Kaisar Romawi meyakini bahwa hari yang mengawali pekan adalah hari Minggu bukan Senin. Sehingga Minggu dijadikan hari untuk beribadah kepada dewa sebelum memulai pekan. Tradisi beribadah di hari Minggu membuat pemerintah Romawi meliburkan segala kegiatan di hari Minggu agar masyarakat tidak melewatkan ibadahnya.

Kegiatan rutin tersebut membuat masyarakat selalu mewarnai tanggal yang jatuh di hari Minggu dengan warna merah sebagai pengingat waktunya beribadah, dan juga hari-hari spesial lainya.

Saat Romawi menguasai beberapa negara di benua Eropa seperti Jerman, Inggris, Prancis, Belanda dan yang lainnya, tradisi ini ditularkan dan menjadi budaya pada masyarakat Eropa. Begitu pula ketika Benua Eropa melakukan praktek imperialisme ke beberapa negara di benua Asia dan Afrika, termasuk Indonesia.

Sehingga budaya tanggal merah di hari Minggu menjadi hari libur di beberapa negara di Dunia, terkecuali Arab Saudi yang libur di hari Jumat.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Asal Usul Hari Minggu Menjadi Tanggal Merah Dan Hari Libur. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers