Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

27 August 2016

Sportcar Toyota 2000GT 1967, Awal Sejarah Toyota Menggunakan Mesin Buatan Yamaha

Kita semua pasti enggak asing lagi dengan pabrikan mobil Toyota. Nah yang belum banyak diketahui publik kalau Toyota dan Yamaha itu sering riset mesin performa tinggi bersama. Ciri-ciri mesin yang bikinnya hasil kolaborasi Toyota & Yamaha, di nama mesinnya ada kode "G", contohnya 1JZ-GTE, 2JZ-GTE, 3S-GTE, 4A-GE, 7M-GTE, 2ZZ-GE, dan yang lain. Mesin 4A-GE 20 valve yang legendaris dengan 5 klep/silinder milik Toyota itu didesain Yamaha. Dalam tulisan ini saya akan berbagi pengetahuan yakni awal sejarah kolaborasi Toyota dan Yamaha dalam menciptakan mesin kencang. Dalam tulisan ini saya hanya membahas awal sejarah kerja sama Yamaha dan Toyota, bukan membahas saham kepemilikan Toyota pada Yamaha.


Sejarah Kerja Sama Toyota dan Yamaha

Dalam catatan sejarah pabrikan Toyota dan Yamaha mulai saling bersinergi tahun 1967. Saat itu Toyota berkerjasama dengan Yamaha untuk membuat mesin sportcar Toyota 2000GT. Nah, Toyota 2000GT merupakan sportcar pertama buatan Jepang.


Nah, mesin racikan Yamaha yang tertanam pada mobil Toyota 2000GT mampu membuat pabrikan Amerika, Eropa dan Jepang yang lain ketakutan. Bagaimana tidak? Mobil ini mampu memecahkan rekor kecepatan speed trail dan mampu membuat 13 rekor internasional lainnya. Toyota 2000GT merupakan rival terberat dari Nissan Fairlady Z ditahun 1967. Toyota 2000GT inilah awal kehebatan kolaborasi Toyota dan Yamaha yang juga terjadi pada Lexus LFA.


Spesifikasi Mesin Toyota 2000GT

Spesifikasi Mesin Toyota 2000GT ini berkapasitas 2.000 cc 6 silinder yang basisnya sama dengan Toyota Crown, tapi diberikan desain DOHC baru oleh Yamaha dan menghasilkan power 150 hp. Tenaga yang besar pada tahun 1960-an. Tenaga di transfer transmisi manual 5 percepatan dan penggerak roda belakang, membuatnya mampu meraih top speed 217 km/jam dengan konsumsi BBM-nya 13,1 km/liter.

Banyak media menyebut kerja sama Toyota dan Yamaha saat itu merupakan buah dari sakit hati Yamaha karena proposal pengembangan mesin rancangannya ditolak salah satu pabrikan mobil Jepang. Apalagi saat itu untuk mesin jenis sport car, Toyota belum bisa mendevelopnya sendiri dan terjadilah kerja sama tersebut.

Sementara Yamaha memiliki sumber daya yang memadai untuk membuat mesin kencang. Teknologi multivalve Toyota Starlet juga hasil oleh pikir insinyur mesin Yamaha. Jadi jangan heran kalau menemukan mesin mobil Toyota lama ada bagian tertentu yang terembos logo Yamaha.

Mesin Buatan Yamaha Pada Lexus LFA

Kerjasama ini belum berakhir bahkan berlanjut hingga sekarang. Produk sportcar anak perusahaan Toyota, Lexus LF-A mesinnya juga didevelop bareng Yamaha. Ini dia mesin performa tinggi mobil Lexus LFA type 1LR-GUE engine 4.8L buatan Yamaha.


Lexus LFA merupakan sportcar buatan pabrikan merk Lexus, Merk Lexus sendiri merupakan anak perusahaan dari Toyota Motor Corporation. Lexus LFA ini memakai mesin dari Yamaha yang berkapasitas 4.8 L berkonvigurasi V10 dengan sudut 72 derajat, dan dilengkapi dengan Dual VVT-i. Mesin buatan Yamaha ini bertipe NA (Naturally Aspirated) jadi tanpa dilengkapi perangkat Induksi, seperti Turbocharger maupun Supercharger.


Mesin ini sanggup memuntahkan power sebesar 552 Hp pada putaran mesin 8700 RPM dan torsi sebesar 354 lb-ft pada putaran 7800 RPM. Dengan power yang besar tersebut membuat Lexus LFA sanggup berakselerasi dari diam sampai 60 MPH (96kpj) hanya dengan waktu 3.6 detik dan top speed yang dibatasi oleh perangkat elektronik sampai dengan 202 Mph atau 324 KpJ.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Sportcar Toyota 2000GT 1967, Awal Sejarah Toyota Menggunakan Mesin Buatan Yamaha. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers