Pin It

10 August 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 14:10

Penampakan Truck Berjalan Diatas Rel Kereta Api

Bila kita sering mengamati jalur kereta api, kita pasti pernah melihat penampakan unik sebuah truck melintas diatas rel kereta api, nah truck tersebut disebut RoadRail Truck. RoadRail Truck adalah truck yang bisa berjalan diatas rel kereta api. Roadrail truck ini punya fungsi beragam dari sekadar inspeksi rel hingga perbaikan dan penanganan di area terbatas bahkan untuk menarik gerbong. Menurut saya sebuah ide kreatif dan cukup unik ketika truk bermerk MAN berjalan di atas rel kereta api. Seperti yang telah saya sebutkan diatas, roadrail truck ini bukan sekedar berjalan, truk itu menarik crane bahkan terkadang terlihat membawa satu unit ekskavator. Truck ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan penambahan roda besi yang bisa naik-turun saat di perlukan untuk berjalan diatas rel kereta api.

Penampakan Truck Berjalan Diatas Rel Kereta Api

Salah satu penampakan truck berjalan di rel kereta api ini buat inspeksi jembatan kereta api dan kabarnya truck ini milik Dirjen KA.

Penampakan Truck Berjalan Diatas Rel Kereta Api

Truck MAN ini adalah truk yang dirancang khusus untuk bisa berjalan di rel. Truck MAN ini dipakai di divisi perawatan jalan rel yang bisa berperan layaknya kereta api yang berjalan diatas rel. Dengan begitu memudahkan para pekerja merawat rel kereta api maupun kabel jaringan komunikasi kereta api di sepanjang rel kereta api. 

Penampakan Truck Berjalan Diatas Rel Kereta Api

Penampakan Truck Berjalan Diatas Rel Kereta Api

Jadi Roadrail vehicle ini tetap memakai roda normal dengan ban karet, tetapi dilengkapi dengan roda baja menggunakan flens tambahan untuk berjalan di atas rel. Propulsinya berasal dari putaran ban konvensional yang otomatis menggerakkan roda flens di bawahnya. Roda rel dapat dinaikkan dan diturunkan sesuai kebutuhan
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email