Pin It

20 August 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 19:06

KoinWorks, Cara Mudah UKM Dapat Pinjaman Modal Usaha Via Online

Apa itu KoinWorks? Menurut situs resminya https://www.koinworks.com/ KoinWorks adalah penyedia layanan peminjaman peer to peer lending KoinWorks menghubungkan pemberi pinjaman dengan peminjam dengan lebih mudah melalui internet. Visi dan misi KoinWorks adalah melayani UKM di mana pun berada. KoinWorks sangat beda dari bank karena modelnya pun berbeda. KoinWorks membuat peminjaman menjadi lebih baik serta nyaman dengan menggunakan solusi teknologi yang inovatif. Dengan hadirnya KoinWorks pemilik usaha atau UKM tidak perlu khawatir untuk mendapatkan modal tambahan.


Proses aplikasi KoinWorks berlangsung dalam dua tahap, yang pertama pre-approval dimana KoinWorks memberikan approval dengan kondisi tertentu, kedua aplikasi approval yang hanya membutuhkan 15 menit. Kalau semua data lengkap, dalam 7 dana pinjaman sudah cair.

Bunga Pinjaman KoinWorks

Besar bunga pinjaman KoinWorks bisa dikatalan lebih rendah dibanding bank, yakni mulai 0,75 persen sampai 1,2 persen per bulan. Selain memberikan pinjaman, KoinWorks juga memungkinkan orang untuk menjadi pendana. Setiap orang bisa menjadi pendana karena KoinWorks punya nominal untuk mereka mulai mendanakan pinjaman mulai Rp 100.000.

KoinWorks telah memiliki 100 user pada Mei 2016. Dan, pada Agustus 2016, KoinWorks bekerja sama dengan Lazada dalam kampanye "Buatan Indonesia". Untuk para seller yang tergabung dalam kampanye tersebut, KoinWorks akan memberikan limit lebih dari Rp 250 juta menjadi Rp 1 miliar. Kedepannya dengan framework baru yang ditawarkannya, diharapkan KoinWorks dapat menjadi komplementer model bisnis bank.

Jadi KoinWorks ini adalah market place yang mempertemukan investor selaku pemilik modal dan pengusaha UKM online. Mirip marketplace yang mempertemukan penjual dan pembeli. Jadi kalau ada pengusaha UKM ingin menambah modal mereka, masuk ke platform KoinWorks dan di sana akan banyak investor potensial yang juga mencari usaha tepat untuk mengembangkan modal mereka.

Dari Mana Profit KoinWorks?

Lalu dari mana Koinworks mengambil profit? Dalam situsnya dijelaskan KoinWorks ambil 1% dari pengembalian UKM ke investor. Misal investor menanamkan modal Rp 1.000.000 ke UKM. Ketika dikembalikan ke investor ternyata nilainya sudah menjadi Rp 1.500.000. Nah, KoinWorks mengenakan charge1% dari situ. Untuk membangun awareness-nya sendiri agar UKM banyak yang mengetahui platform ini, Koinworks melakukan partnership dengan Lazada.

Kesimpulan saya, Koinworks ini sebenarnya mirip dengan Kickstarter, penyedia untuk crowdsourcing untuk berbagai usaha, bisnis, atau startup. Hanya bedanya kalau Kickstarter itu lebih bersifat donasi sementara Koinworks menawarkan untuk pengembalian modal yang telah ditanam bersamaan dengan profit. Si pemberi modal menyuntikan dana seperti pinjaman lalu UKM bertanggungjawab untuk mengembalikannya dengan profit.

Anda tertarik mencari modal usaha via online? Langsung saja menuju situs resmi KoinWorks di https://www.koinworks.com/ dan semoga artikel ini bermanfaat dan usaha maupun bisnis UKM anda semakin maju.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers