Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

03 September 2016

Vlog, Tren Baru Mencari Uang Melalui Internet

Dalam postingan kali ini saya ingin menjelaskan sedikit pengertian mengenai VLOG serta Manfaatnya bagi VLOGGER. Di era digital mendapatkan uang melalui media internet dan teknologi digital bukan sebuah mimpi lagi dan salah satunya melalui vlog. Mungkin bagi beberapa orang akan berpikir VLOGGER adalah aktifitas orang-orang yang kurang kerjaan. Pernyataan tersebut memang benar tetapi ada sedikit kekeliruan yang perlu diperbaiki dari pandangan tersebut. Menjadi VLOGGER dan melakukan VLOGGING adalah sebuah cara mudah untuk mendapatkan uang dari internet melalui adsense. Sebab pekerjaan seorang VLOGGER hanyalah menemukan ide dan membagikan pengalamannya melalui VIDEO. Semakin banyak video yang dibuat dan semakin tinggi jumlah viewers maka kita sebagai VLOGGER akan memperoleh banyak uang dari internet.


Vlog sendiri mulai meningkat popularitasnya mulai awal tahun 2005 saat YouTube diluncurkan. Vlog atau video blogging belakangan menjadi fenomena di ranah internet dan media sosial. Mungkin, awalnya vlog ini dimulai oleh perkembangan platform blog yang dikombinasikan dengan konten video.

Konten-konten video tersebut kemudian dinilai menarik dan digemari banyak pengguna internet. Bahkan, seiring perkembangannya, konten video yang di-posting seorang vlogger (pelaku vlog) menjadi senjata ampuh untuk memasarkan produk dan juga mencari uang melalui monetisasi blog maupun video. Oleh karenanya, tren vlogging juga beriringan dengan perkembangan digital marketing.

Pengertian Vlog

Menurut keterangan situs Urban Dictionary, vlog adalah sebuah video dokumentasi jurnalistik yang berada di dalam web yang berisi tentang hidup, pikiran, opini, dan ketertarikan. VLOG sebenarnya tidak begitu berbeda dengan BLOG yaitu sebagai sebuah media sharing melalui media internet. Perbedaanya adalah VLOG adalah konten digital yang memanfaatkan media Visual dan Audio yaitu VIDEO yang saat ini banyak dijumpai di YouTube sementara BLOG merupakan konten sharing melalui tulisan. Umumnya VLOGdibuat untuk menyajikan informasi yang menarik, lucu, konyol, unik, edukatif dan sebagainya.

Pada dasarnya, vlog adalah sebuah konten video yang berisi berbagai hal. Umumnya dalam video tersebut diangkat satu tema khusus dan kemudian dibagikan via layanan berbagi video seperti YouTube, atau media sosial lainnya.

Sejarah Vlog

Berdasarkan penjelasan situs Loop dalam tautan http://www.loop.co.id/articles/apa-sih-vlog-itu-kok-ngetren-banget-ya, dijelaskan tren vlog dimulai dari sesorang bernama Adam Kontras yang memposting sebuah video bersama dengan entri blognya pada tahun 2000. Dan di tahun yang sama pada bulan November, Adrian Miles memposting video yang mengubah teks pada gambar diam dan menggunakan kata vlog yang merujuk pada video blog yang ia posting. Dan di tahun 2004, Steve Garfield meluncurkan videoblog-nya sendiri dan menyatakan bahwa tahun itu adalah tahunnya video blog. Nah, sejak saat itu mulailah dikenal yang namanya vlog.

Vlog meningkat popularitasnya mulai awal tahun 2005. Yahoo juga sempat memiliki channel sendiri bertajuk Video blogging dan mengalami peningkatan anggota secara drastis. Dan di tahun itu juga, situs video sharing, YouTube muncul. Dan dalam sekejap, YouTube menjadi wadah paling pas bagi para vlogger.

Vlog Sebagai Sarana Pendukung Bisnis

Vlogger (Pembuat Vlog) juga bisa mendapatkan uang dari iklan yang tampil di video mereka. Salah satu platform yang banyak digunakan Vlogger adaah Youtube. Dengan membuat video dan menguploadnya di youtube, anda bisa memonitezing video tersebut. Setiap ada iklan yang dilihat atau diklik ada video anda, anda berhak mendapatkan dollar. Selain itu juga banyak penulis, pemain film dan stand up comedian seperti Raditya Dika yang memiliki Vlog untuk mendongkrak popularitas mereka.

Raditya Dika selalu mengupdate Vlognya, sehingga banyak konten fresh yang bisa disaksikan. Ada juga Erix Soekamti yang juga memiliki Vlog. Bahkan setiap hari Erick selalu mengupdate Vlog di channel youtubenya. Vlog Erix juga sering disebut dengan DOES atau Diary Of Erix Soekamti.

Kunci sukses dari sebuah Vlog adalah orisinalitas konten, konsistensi dan jumlah subscriber. Jika ketiga kunci tersebut dikombinasikan dengan baik, maka bukan tidak mungkin anda bisa menghasilkan jutaan rupiah dari Youtube.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Vlog, Tren Baru Mencari Uang Melalui Internet. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers