Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

12 September 2016

Mengingat Kontribusi Truck Dalam Pembangunan, Lebih Di Butuhkan Jalur Khusus Truck Ketimbang Membangun Kereta Super Cepat

Transportasi Logistik berbasis Truck sangat penting dalam aktivitas perekonomian dalam mata rantai pembangunan nasional. Sangat nyata truck turut berperan serta dalam pembangunan bangsa. Tanpa adanya transportasi sebagai sarana pendukung tidak dapat diharapkan tercapainya hasil yang memuaskan dalam usaha pengembangan ekonomi dari suatu negara. Namun fakta yang terjadi sangat menyedihkan, truck selalu di tuding sebagai biang kemacetan. Sayangnya siapapun presidennya jasa transportasi truck ini ga pernah terjamah. Bingung juga kenapa bisa seperti itu. Institusi resmi yang ada saat sepertinya belum bisa membuat terobosan baru mengatasi permasalahan tersebut.


Menurut pandangan saya, daripada bikin proyek mercusuar kereta super cepat. Untuk saat ini kebutuhan akan kereta super cepat di Indonesia belum terlalu mendesak. Kecepatan kereta yang ada saat ini hanya butuh di tingkatkan dua kali lipat saja untuk mendukung pergerakan masyarakat dan logistik. Bahkan mantan menteri perhubungan Ignasius Jonan menganggap proyek ini tidak perlu. Jonan mengatakan, untuk membangun proyek kereta super cepat membutuhkan investasi yang tidak sedikit. Dia memperkirakan kereta cepat itu akan menghabiskan dana ratusan triliun rupiah. Menurut saya sih mending dananya buat bikin jalur khusus truck biar truck gak melulu di tuding penyebab kemacetan, padahal nyata-nyata kontribusi truck dalam pembangunan bangsa begitu besar. Selain itu, untuk memperlancar arus distribusi logistik mengandalkan moda angkutan truck perlu diimbangi dengan manajemen lalu lintas yang dikemas dan di kelola secara apik.

Apa sih yang perlu dikelola dengan padatnya transportasi logistik berbasis Truck?

1. Pastinya perlu jalur khusus Truck
2. Standarisasi beban dan kecepatan kendaraan
3. Standarisasi Tarif, supaya perusahaan transport bisa mengutamakan kualitas layanan dan kelaikan armada
4. Hilangkan pungli

Harus kita akui bersama, tidak seimbangnya volume kendaraan dan jalan, membuat persoalan truck-truck besar di tuding penyebab kemacetan, maka harus disikapi dengan baik. Salah satunya ya bikin jalur khusus truck. Bikin jalur khusus truck tidak perlu bikin total jalur baru Jakarta-Surabaya kok, cukup manfaatin dan maksimalkan yang udah ada dan penambahan beberapa ruas baru untuk yang belum ada.

Dan dengan makin ramainya truck maka perlu jalur khusus truck dan kendaraan pribadi tidak bisa melalui jalan tersebut. Dengan begitu pemakai mobil pribadi terganggu lagi oleh truck yang melaju pelan.

Jalur khusus truck sangat diperlukan, supaya kendaraan-kendaraan lain seperti mobil dan motor, tidak harus berjibaku dengan truck-truck besar. Setidaknya dengan adanya jalur khusus truck kondisi jalan akan bisa tertib. Niscaya kondisi jalanan lebih teratur dan tidak campur aduk tidak karuan.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Mengingat Kontribusi Truck Dalam Pembangunan, Lebih Di Butuhkan Jalur Khusus Truck Ketimbang Membangun Kereta Super Cepat. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers