Pin It

04 September 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 20:28

Mitos Kesaktian Senjata Legendaris Dalam Sejarah

Entah mengapa malam ini tiba-tiba saya ingin menulis mengenai legenda, mitos, dan catatan sejarah mengenai senjata tradisional. Tak heran jika sekarang benda-benda tersebut menjadi koleksi berharga dengan nilai tinggi. Mulai dari keris Taming Sari dari Malaysia, pedang samurai Masamune yang sempat hilang selama 150 tahun, pedang Zulfiqar yang merupakan bahian dari sejarah islam, hingga meriam Si Jagur yang diliputi kisah mistis.


1. Samurai Shimazu Masamune

Shimaze Masamune adalah satu dari beberapa bilah pedang legendaris peninggalan Masamune yang hilang selama lebih dari 150 tahun.

Masamune adalah pengrajin pedang terbaik dalam sejarah Jepang. Dia hidup pada Periode Kamakura dan membuat pedang terbaik untuk para samurai. Pedang Masamune terkenal akan ketajamannya. Konon, capung yang hinggap di mata pedangnya pun langsung terbelah. Sayangnya, Masamune enggan menandai hasil karyanya, sehingga seluruh pedang buatannya lantas hilang.

Menurut koran Japan Today, Shimaze Masamune adalah satu-satunya pedang buatan Masamune yang ditemukan kembali. Pedang tersebut dibawa ke Kyoto National Museum untuk dinilai. Menurut hasil analisis Taeko Watanabe, ahli sejarah dan pedang Jepang, bilah samurai tersebut merupakan karya Masamune. Dilihat dari karakteristiknya yang unik seperti pola yang dapat dilihat di sisi pisau tak salah lagi pedang tersebut ditempa oleh Masamune.

2. Keris Taming Sari

Mengutip situs List25.com, Taming Sari merupakan keris legendaris dalam legenda Malaysia. Keris yang konon bisa memberikan kekebalan kepada pemakainya ini merupakan senjata milik Laksamana Hang Tuah. Kabarnya Taming Sari juga bisa terlepas sendiri dari sarungnya dan menyerang orang yang membahayakan pemiliknya.

Keris Taming Sari konon terbuat dari 21 jenis logam. Sebelumnya, keris tersebut dimiliki oleh seorang jawara dari Majapahit yang bernama Taming Sari. Hang Tuah memenangkan keris tersebut setelah pertarungan berdarah dengan Taming Sari. Dia membawa keris tersebut untuk mempertahankan Melaka dari serangan musuh.

Sekarang keris Taming Sari tersimpan di Istana Iskandariah, Kuala Kangsar, Perak. Sejumlah pihak meragukan keaslian senjata tersebut, namun keasliannya sudah diverifikasi oleh pakar dari Muzium Perak.

3. Pedang Zulfiqar

Pedang yang satu ini merupakan bagian dari legenda Islam yang paling terkenal, tentang Ali bin Abi Thalib dan pedang pemberian Nabi Muhammad SAW yang digunakannya untuk memerangi orang-orang kafir. Alkisah, Nabi Muhammad SAW mendapatkan Zulfiqar dari Jibril atas perintah Allah SWT. Selanjutnya, dia memberikan pedang tersebut kepada Ali dalam Perang Uhud.

Dilansir TopTenz, pedang Zulfiqar memiliki bentuk yang unik, dengan bilah melengkung, ujung bercabang, dan kaligrafi terukir di permukaannya. Pedang ini begitu melegenda, hingga bendera Ottoman pun menggunakan gambar Zulfiqar sebagai lambang.

4. Meriam Si Jagur

Meriam kuno yang tersimpan di Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah ini terbilang legendaris, karena menyimpan sejumlah mitos yang masih dipercaya hingga sekarang.

Meriam Si Jagur adalah senjata buatan Portugis, dicetak dari 16 meriam kecil yang dilebur. Meriam ini digunakan Portugis untuk menghalau tentara Belanda dari Malaka. Namun kemudian Portugis harus menyerah kalah. Setelah benteng Malaka jatuh ke tangan Belanda, Si Jagur dipindahkan oleh VOC ke Batavia. Di sanalah Si Jagur berada hingga hari ini.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers