Pin It

27 September 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 20:29

Mengapa Bekicot, Siput Dan Lintah Akan Mati Jika Kita Taburi Garam?

Mengapa Bekicot, Siput Dan Lintah Akan Mati Jika Kita Taburi Garam? Mungkin kita semua masih ingat ketika kecil, ketika ada bekicot, pacet dan lintah di halaman rumah, kita disuruh untuk membunuhnya dengan hanya menaburi garam. Sang lintah terlihat tidak mampu bertahan dengan tiap butiran garam dan mati dalam keadaan 'menyusut.' Mengapa garam begitu kejam membunuh lintah dan gastropoda seperti siput? Jawabannya adalah osmosis.

Apa Itu Osmosis?

Osmosis adalah proses yang terjadi di mana 'solution' bertemu dengan membran berpori. 'Solution' sendiri adalah campuran homogen antara dua atom atau lebih dalam fase padat. Osmosis terjadi karena perpindahan molekul 'solution' melalui selaput berpori, dari bagian yang larutan (solution) ke bagian pelarut (solvent). Jika osmosis terjadi pada bagian yang memiliki pelarut lebih banyak, osmosis akan terjadi dan membuat konsentrasi kedua sisi larutan akan sama.


Nah, lintah punya banyak sekali air di dalam tubuhnya, serta tubuhnya ditutupi kulit yang merupakan membran berpori. Jadi ketika kita menabur garam di tubuh lintah, garam tersebut akan larut di lendir yang digunakan lintah untuk berjalan. Akhirnya jadilah sebuah larutan garam, yang mana konsentrasi larutan garam di luar tubuh lintah lebih tinggi ketimbang di dalam tubuh lintah. Terjadilah osmosis yang membuat lintah kehilangan banyak air, dehidrasi, dan mati dalam keadaan kering.

Manusia tak akan mengalami hal yang sama dengan lintah, karena pori-pori kulit manusia tak sebanyak lintah. Namun akan berbeda jika kita mencoba menabur garam ke mata. Sensasi yang dirasakan lintah, akan terjadi di mata kita.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers