Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

28 September 2016

Penampakan Pangkalan Militer Taiwan Dalam Google Maps

Dunia maya sempat heboh karena Google Maps menampilkan pulau Aba yang merupakan area rahasia karena merupakan pangkalan militer milik Taiwan. Tak jelas instalasi militer apa yang dibangun oleh Taiwan di pulau itu, yang pada citra satelit beberapa bulan sebelumnya, struktur bangunan itu belum ada. Sekadar informasi, saat ini Taiwan adalah negara yang mempunyai hak mengontrol pulau Taiping, yang diperebutkan oleh beberapa negara lain, seperti Tiongkok, Vietnam dan Filipina. Kemunculan gambar ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan hubungan antara Taiwan dengan China soal kepemilikan pulau tersebut.Sejumlah analis militer dalam berbagai forum di internet pun berasumsi kalau instalasi itu merupakan bagian dari alutsista Taiwan untuk mempertahankan keamanan pulau Taiping. Seperti rudal anti pesawat, atau bisa juga sekadar alat pendeteksi dan pengintai.


Gambar yang dimaksud itu adalah sebuah struktur bangunan berbentuk bulat yang dikelilingi oleh empat struktur bangunan lain seperti foto diatas. Gambar ini muncul saat Google memperbarui citra satelitnya pada Juli lalu.

Terkait hal ini, pemerintah Taiwan telah meminta Google mengaburkan gambar itu.
Pulau di Laut China Selatan yang juga bernama Taiping itu disebut menjadi lokasi instalasi militer rahasia milik pemerintah Taiwan. Dan mereka meminta gambar satelit tersebut dikaburkan untuk menjaga keamanan rahasia militernya.

“Untuk melindungi rahasia militer dan keamanan, kami telah meminta Google untuk mengaburkan gambar dari fasilitas militer penting kami,” ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, demikian dilansir The Guardian, Jumat (23/9/2016).

Mengutip The Guardian, Pemerintahan Taiwan pun enggan mengungkap informasi lebih detail mengenai bangunan tersebut. “Tak nyaman bagi kami untuk mengungkap fasilitas militer yang kami pasang di pulau Taiping, dan juga kegunaannya, karena semua fasilitas itu adalah rahasia,” ujar Menteri Pertahanan Taiwan Feng Shih-kuan. (Disarikan dari The Guardian)
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Penampakan Pangkalan Militer Taiwan Dalam Google Maps. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers