Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

29 September 2016

Perbedaan Mesin Toyota Avanza Dari Masa Ke Masa

Kali ini saya akan mengupas Mesin Toyota Avanza Dari Masa Ke Masa, dari Avanza pertama, New Avanza hingga Veloz. Ingat hanya mesin saja ya dan saya tidak akan mengulas body dan interior Toyota Avanza. Generasi pertama mobil Toyota Avanza dirilis saat Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual 100.000 unit pada tahun tersebut. Nama "Avanza" berasal dari bahasa Italia avanzato, yang berarti "peningkatan". Sedangkan type tertinggi Avanza adalah Veloz. Veloz sendiri diambil dari bahasa Inggris Velocity yang berarti Kecepatan. Makanya Toyota hanya menamakan Avanza Veloz di type tertingginya saja. Desain bodi mobil Toyota Avanza Veloz sangat aerodinamis dan mendukung dari segi kecepatan. Saat pertama kali dirilis baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia, keduanya menggunakan basis chassis dan bodi yang sama dan diproduksi oleh Astra Daihatsu di bawah supervisi Toyota Astra Motor. Untuk mesin sendiri menggunakan K3-VE untuk 1.300cc dan 3SZ-VE untuk 1.500cc.

Berikut Foto Mesin Toyota Avanza 1.3 Lawas


Berikut Foto Mesin Toyota Avanza 1.5 Lawas


Spesifikasi Toyota Avanza

*. Mesin: K3-VE 1,3 liter dan 3SZ-VE 1,5 liter.
*. Tenaga : 92 HP @6.000 RPM (1,3) dan 109 HP @6.000 RPM (1,5).
*. Torsi : 120 Nm @4.400 RPM (1,3) dan 141 Nm @4.400 RPM (1,5).
*. Konsumsi BBM : 8-10km / L (dalam kota), 10-13km / L (luar kota).
*. Transmisi : manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.
*. Suspensi : Depan McPherson strut dengan coil spring + stabilizer, belakang 4-link dengan coil spring.

Tahun 2006 Toyota Rilis New Avanza

Lalu pada Juli 2006, Avanza kembali mengalami penyegaran dimana seluruh tipenya dengan merilis New Avanza yang dibekali dengan mesin VVT-i. Masih di tahun yang sama pada Oktober, Toyota kembali memperkenalkan Toyota Avanza 1.5 S yang menggantikan posisi tipe 1.3 S. Hal tersebut membuat Toyota Avanza memiliki 2 pilihan tipe yaitu 1.5 S M/T dan 1.5 S A/T, dengan mesin 3SZ-VE, 1.500 cc, 4-silinder VVT-i bertenaga maksimum 109 dk.

New Avanza S (1.5 S VVT-i) merupakan versi terlengkap dengan mesin berkapasitas 1.500 cc VVT-i, sensor parkir belakang, teknologi pengereman ABS serta pelek aluminium 15". Mesin 1.500 cc VVT-i yang digunakan oleh Toyota Avanza memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Toyota Rush. New Avanza S tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

Mesin New Grand Avanza Dan Grand New Veloz

Grand New Avanza dan Grand New Veloz mengusung mesin yang beda dari pendahulunya yakni menggunakan NR Series. NR Series Engine pada Avanza baru dibekali teknologi Dual VVT-i, untuk mesin 1.3 liter diberi kode 1NR-VE, sementara mesin 1.5 liter berkode 2NR-VE. Mesin dengan seri yang sama juga dipakai pada Toyota Sienta dan beberapa mobil Toyota lainya, lalu apa saja kelebihan mesin baru ini? Kelebihan Mesin Dual VVT-i yakni suara mesin yang dihasilkan lebih halus, power mesin meningkat, lebih hemat BBM dan emisi gas buang lebih baik. Berikut Foto Mesin New Avanza Veloz.


Toyota Grand New Avanza tersedia dalam dua versi mesin New 1NR (1.300) dan 2NR (1.500) Dual VVT-i. Pembaharuan dapur pacu tersebut cukup berpengaruh terhadap kinerja mesin. Peningkatan tersebut cukup memberi selisih karena versi lawas K3-VE Avanza lama hanya menelurkan power 92 PS/11,9 Nm, padahal seri baru 1NR sanggup meletupkan tenaga 96,5 PS/12,3 Nm. Sementara untuk mesin 2NR rupanya tidak bergeser sama sekali alias masih sama dengan 3SZ-VE yang tetap menyemburkan output mencapai 104 PS/13,9 Nm.

Keunggulan mesin Avanza Veloz setidaknya terdapat empat komponen baru. Keempatnya adalah busi, injektor, knock sensor, dan immobilizer. Grand New Avanza dan Grand New Veloz ini ditanamkan busi yang sudah menggunakan material iridium. Busi ini kuat, ketahanannya 100 ribu km baru diganti.

Kemudian, part baru lainnya adalah injektor. Pada Veloz, terdapat delapan lubang injektor, lebih banyak empat lubang dibanding versi sebelumnya. Kalau lebih banyak, lubangnya lebih kecil. Ini membuat butiran bensin lebih halus, nyala lebih mudah, dan efisiensi pembakaran lebih bagus. Kemudian, knock sensor anyar juga memungkinkan penggunaan bahan bakar yang lebih bervariasi. Jadi tidak perlu lagi setting manual menyesuaikan RON bahan bakar. Pada Veloz juga dilengkapi vitur immobilizer. Dengan teknologi ini, mobil hanya bisa dihidupkan dari kunci yang sudah terdaftar di komputer mobil.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Perbedaan Mesin Toyota Avanza Dari Masa Ke Masa. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers