Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

25 September 2016

Proses Propagasi DNS Lama, Blog TLD Baru Pun Tidak Bisa Langsung Di Akses

Minggu lalu saya membeli domain baru www.infokami.net, namun kali ini proses propagasi domain baru tersebut lumayan lama yakni 3 hari. Ketika Domain sudah aktif, saya belum bisa mengakses domain melalui melalui browser. Bahkan ketika saya melakukan ping menggunakan command prompt, saya tidak mendapatkan reply / mendapatkan pesan request could not find host. Mengapa itu bisa terjadi? Penyebabnya adalah Propagasi DNS, Karena setiap ISP memiliki update berbeda-beda untuk meresolve domain. Maka untuk domain blog www.widodogroho.com ini dulu hanya butuh kurang dari 1 jam namaun untuk www.infokami.net butuh waktu lebih dari 3 hari. Domain baru saya yang www.infokami.net saat-saat awal lebih dari 72 jam masih 404 server not found, Propagasi nya terlalu lama. Nah pengalaman ini sengaja saya share agar rekan-rekan yang mengalami masalah yang sama dengan saya tidak bingung.


Apa itu Propagasi domain?

Propagasi adalah waktu yang dibutuhkan sebuah nama domain untuk terhubung ke server hosting, proses ini biasanya dapat memakan waktu, 3 menit sampai dengan 72 jam (3 hari) dikarenakan DNS internet lokasinya tidak terpusat sehingga untuk memahami pergantian tersebut memerlukan waktu tertentu. Jadi masa propagasi domain name adalah masa atau jeda waktu yang diperlukan sebuah domain name untuk mengenali atau tersambung dengan server hosting. Masa propagasi ini bervariasi, bisa cepat bisa lambat. Bisa beberapa menit sudah tersambung, ada yang sampai 3 hari baru bisa tersambung secara sempurna.

Pada dasarnya ketika selesai melakukan konfigurasi domain agar alamat domain bisa terhubung server hosting blog anda, sebenarnya domain sudah bisa langsung terpointing atau terarahkan ke server hosting blog, namun karena sistem DNS (Domain Name Server) internet tidak terpusat maka DNS tidak mampu mengetahui perubahan/update yang terjadi pada domain anda dalam waktu yang cepat, sehingga ketika domain diakses seolah-olah masih menampilkan halaman lama.

Faktor Yang Mempengaruhi Proses Propagasi Domain

Salah satu penyebab lamanya proses propagasi domain adalah dikarenakan ISP (internet service provider) belum melakukan update pada table data DNS mereka sehingga untuk setiap ISP akan menghasilkan halaman yang berbeda ketika mengakses domain kita.

Bisa jadi ketika diakses oleh teman di kota tertentu blog kita bisa diakses dengan baik sedangkan ketika kita akses ditempat kita masih proses propagasi karena ISP nya berbeda dan update table DNS yang dilakukan oleh setiap ISP juga berbeda.

Selain faktor ISP, Registrar juga berpengaruh. Data domain name tercatat di registrar atau server domain name. Ketika kita melakukan pergantian NS (misalnya ketika mau pindah hosting) maka registrar akan mengganti data tentang alamat IP server hosting kita yang baru. Nah, ada registrar yang waktu responnya cepat, ada yang waktu responnya lambat. Domain name internasional atau TLD biasanya memiliki respon yang lebih cepat jika dibandingkan registrar domain name lokal atau ccTLD.

Tips Mempercepat Propagasi DNS / Resolved Domain

Biasanya masalah Propagasi Domain ini berasal dari ISP yang kita gunakan. Jika anda mengalami masalah Propagasi yang lama, Maka lakukan langkah-langkah berikut ini :

1. Refresh Web Browser dengan menekan tombol CTRL + F5 secara bersamaan. Sudah terhubungkah? Jika masih belum terhubung, Coba lakukan langkah selanjutnya.

2. Bersihkan Cache Web Browser anda. Jika anda pengguna “Mozilla Firefox”, Pilih menu Tools > Clear Private Data, Beri tanda centang pada pilihan Cache & Klik tombol Clear Private Data Now.

3. Putus koneksi Internet anda dan shutdown komputer kemudia mintalah bantuan teman anda (yang berada di luar daerah & memakai ISP yang sama anda} untuk segera mengakses domain anda. Jika bisa terhubung, Berarti “Komputer” anda yang bermasalah.

4. Minta juga bantuan teman anda (yang memakai ISP berlainan dengan anda) untuk segera mengakses domain anda. Jika teman anda berhasil terhubung ke server baru anda, Berarti “ISP” anda yang bermasalah.

5. Coba anda akses Website lain yang IP addressnya sama (NS-nya sama) dengan Website Anda. Jika bisa tersambung berarti server hosting tidak bermasalah, Melainkan Registrarnya (Server Domain) yang bermasalah. Segera hubungi dan tanyakan pada Registrar Domain anda.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Proses Propagasi DNS Lama, Blog TLD Baru Pun Tidak Bisa Langsung Di Akses. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers