Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

14 September 2016

Jembatan Bajulmati, Jembatan Eksotis Di Kota Malang

Kota Malang memang penuh pesona, dari Aremania yang selalu atraktif, pantainya yang indah dan juga jalanannya. Dalam artikel kali ini saya hanya akan mengulas Jembatan Bajulmati yang begitu eksotis. Jembatan Bajulmati ini tepatnya berada di desa Sindurejo, kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Rencananya jalur ini buat jalur lintas selatan-selatan tembusan Banyuwangi-Pacitan. Jembatan Bajulmati menurut saya sangat eksotis dan menjadi pesona tersendiri apabila kita akan menuju pantai Bajulmati dari kota Malang. Jika dari Kota Malang Anda bisa mengambil arah ke Turen lalu berbelok ke selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan lurus menuju arah Pantai Sendangbiru. Lalu terdapat pertigaan dengan plakat petunjuk arah ke kanan untuk menuju ke Pantai Bajulmati. Jalannya sudah beraspal tetapi berkelok-kelok karena harus melewati pegunungan.


Sekitar tiga kilometer sebelum Pantai Bajulmati jalannya lebih lebar. Bisa juga dengan melalui jalur menuju Pantai Balekambang, sampai terdapat sebuah perempatan, bila lurus akan menuju Balekambang, dan ke kiri akan menuju Bajulmati. Rutenya masih satu jalur dengan Pantai Goa China. Cukup banyak petunjuk arah untuk menuju arah pantai tersebut. Letak kedua pantai ini tidak terlalu jauh. Jarak antara Pantai Bajulmati dan Goa China hanya sekitar 2 kilometer atau sekitar 10 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Sebelum memasuki pantai ini terdapat sebuah jembatan sepanjang 90 meter berbentuk setengah lingkaran, nah itulah jembatan Bajulmati. Baik ukuran maupun desainnya sangat artistik karena melintang di atas sungai yang lebar, dengan pemandangan bukit-bukit karang dan lautan. Di sini merupakan salah satu tempat favorit pengunjung untuk mengambil foto. Jembatan Bajulmati merupakan salah satu jembatan yang terletak di ruas Jalan Lintas Selatan. Dengan adanya Jalan Lintas Selatan ini berpengaruh terhadap kunjungan ke Bajulmati, karena jika berwisata ke Sendangbiru, pengunjung bisa mampir dahulu ke Jembatan Bajulmati.



Selain desain jembatan yang menarik, aliran air sungai dibawah jembatan juga cukup mempesona mata dengan alur sungai yang membelah dua menuju laut lepas.


Desain Jembatan Bajulmati Malang

Mungkin karena lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Bajul Mati maka  jembatan ini pun diberi nama yang sama. Jembatan Bajulmati ini mempunyai desain modern yaitu Mono Phylon (satu lengkung penahan jembatan). Pertanyaannya kenapa ada jembatan dengan desain se-modern ini di daerah yang terpecil? Ya, jembatan Bajulmati ini dibangun pada tahun 2006 panjang 90 meter dengan menelan dana sebesar 35,72 milyar tersebut ditujukan untuk mendukung pengembangan Jaringan Jalan Nasional paling selatan Pulau Jawa, katanya sih guna mengembangkan daerah selatan, memperlancar transportasi, mengurangi beban lalu lintas bagian utara dan tengah serta untuk mendukung pariwisata pantai dan perikanan.





Itulah foto-foto Jembatan Bajul Mati yang begitu kokoh dan megah terbentang dengan tiang penyangga berbentuk setengah lingkaran seperti bando yang sedikit menjorok keatas menjadikannya tempat nongkrong dan hunting foto yang keren. Hijaunya perbukitan disisi pantai berpadu birunya karpet biru yang terbentang luas tanpa batas dan hilir sungai yang bercabang pada sisi yang lain begitu tampak jelas dari jembatan Bajul Mati nan melegenda. Tebing dengan bentuk vertical menghiasi panorama jembatan yang terdapat disisi barat dan timur. Tebing terkoyak yang menjadi saksi pembangunan jalan lintas selatan dan jembatan menjadikannya tempat hunting foto yang memikat di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Jembatan Bajulmati, Jembatan Eksotis Di Kota Malang. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers