Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

12 September 2016

Gaji Rio Haryanto Rp 2,2 Miliar per Tahun, Paling Rendah Diantara Gaji Pembalap F1

Mengisi waktu luang, saya membuka-buka daftar gaji pembalap F2. Saya agak heran juga kok nama Rio Haryanto masih tercantum di Bussines Book GP dalam susunan gaji pembalap F1 termahal ya. Padahal Rio Haryanto sudah digantikan Esteban Ocon karena tak melunasi sisa dana yang diminta Manor Racing. Mengutip ESPN Deportes, Senin (12/9/2016), Rio Haryanto mendapatkan gaji 150 euro ribu atau Rp 2,2 miliar per tahun dari Manor Racing. Artinya gaji juara GP2 itu adalah yang terkecil dari 22 pembalap yang terdata. Berikut screenshot gaji pembalap F1.




Dibanding rekan setimnya Pascal Wehrlein, gaji Rio terpaut jauh. Gaji Wehrlein berada di urutan ke-17 gaji tertinggi pembalap F1. Setiap tahunnya Wehrlein mendapatkan 500 ribu euro per tahun.

Mengutip dari situs Crash dalam artikel yang berjudul "F1 2015 Driver Salaries Published" (http://www.crash.net/f1/news/221215/1/f1-2015-driver-salaries-published-but-who-earns-most.html), pada tahun lalu pembalap Manor Racing, Will Stevens dibayar 150 ribu euro atau setara Rp2,2 miliar untuk balapan satu musim. Sedangkan, pembalap Manor Racing lainnya Roberto Merhi hanya dibayar sebesar 50 ribu euro atau setara Rp737 juta untuk balapan satu musim.

Gaji Tertinggi Pembalap F1

Juara dunia F1 empat kali Sebastian Vettel mengantongi pendapatan hingga Rp 2 triliun! Vettel mengantongi pendapatan hingga US$ 50 juta (sekitar Rp 676 miliar). Nilai gaji tersebut sudah berlaku sejak Vettel resmi pindah dari Red Bull ke Ferrari pada 2015. Vettel pun masuk dalam jajaran atlet dengan bayaran tertinggi di dunia. Hanya saja, nilai tersebut di luar bonus prestasi yang jumlahnya mencapai Rp 406 miliar atau setara US$ 30 juta.

Di tempat kedua, Fernando Alonso berada di tempat kedua dengan mengantongi pendapatan US$ 40 juta (Rp 542 miliar). Posisi ketiga ditempati Lewis Hamilton. Setiap tahun dia mendapat dana segar sebesar US$ 31 juta (Rp 420 miliar). Sementara, pada gelaran F1 musim ini hampir tidak ada pergerakan berarti. Pembalap veteran Ferrari, Jenson Button menambah kontrak 1 tahun dengan tim McLaren-Honda. Langkah serupa juga diambil oleh mantan pembalap Brawn GP, Jenson Button.

Sang juara dunia bertahan F1, Lewis Hamilton mendapat kontrak 3 musim beruntun menyusul prestasi gemilang mempertahankan gelar juara musim 2014 dan 2015. Menurut situs Total Sportek, nominal gaji Hamilton, masih di angka US$ 31 juta.

Kembali ke Rio Haryanto, Rio sebenarnya belum digaji. Bila Rio Haryanto dibayar itu sukarela sesuai dengan tarif pembalap debutan, maka dia mendapat upah sekitar 50 ribu - 150 ribu euro per musim. Angka itu adalah bayaran yang dikeluarkan Manor untuk membayar dua pembalapnya musim lalu, Will Stevens dan Roberto Merhi.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Gaji Rio Haryanto Rp 2,2 Miliar per Tahun, Paling Rendah Diantara Gaji Pembalap F1. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers