Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

18 September 2016

Ciri-ciri Aplikasi Android Berbahaya Dan Membawa Virus

Teman saya cerita kalau smartphone miliknya terkena virus gara-gara aplikasi yang di instal. Menurut saya itu disebabkan teman saya kurang cermat dalam memasang aplikasi android di smartphonenya. Memang jika kita tidak cermat, aplikasi android yang kita download bisa saja memiliki virus berbahaya bagi ponsel kita. Banyak developer berlomba-lomba untuk menciptakan aplikasi maupun game Android yang menarik sehingga banyak didownload oleh user. Namun hal tersebut banyak membuat developer nakal yang menciptakan aplikasi jahat yang mengandung malware. Hal tersebut dapat membuat pengguna Android kehilangan data termasuk akun-akun penting yang dimilikinya.


Bagaimana cara menghindari virus dari aplikasi android? Sebenarnya mudah saja. Kita hanya perlu tahu ciri-ciri aplikasi android untuk mengetahui yang berbahaya atau tidak di Android.

Ciri-ciri Aplikasi Android Membawa Virus adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi Tidak Ada di Play Store

Pada umumnya aplikasi berbahaya tidak tersedia di Play Store, tetapi hanya di situs-situs berbagi aplikasi atau blog. Memasang (install) aplikasi berformat .apk terkadang berisiko mengandung virus. Cermati sebelum mengunduh aplikasi Android yang tak ada di Play Store

2. Pengembang Aplikasi Tak Jelas

Sebelum memasang aplikasi android, sebaiknya periksa dahulu sumber aplikasi tersebut. Misalnya, siapa pengembang aplikasinya (developer). Jika tidak jelas atau tidak diketahui sumbernya dari mana, kemungkinan besar aplikasi tersebut kurang kredibel.

3. Lihat Jumlah Unduhan dan Komentar

Apabila aplikasi yang ingin kita download ada di Play Store, coba perhatikan jumlah unduhan dan komentar yang ditinggalkan pengguna. Ini menjadi salah satu tolok ukur seberapa berkualitas aplikasi yang akan kita pakai.

Biasanya aplikasi yang berkualitas sudah dipakai oleh sekurang-kurangnya 1 juta pengguna dan telah mendapatkan rating 4 ke atas. Selain itu lihat pula beberapa testimoni atau komentar dari para pengguna aplikasi tersebut.

4. Reputasi

Ciri berikutnya, aplikasi android yang berbahaya memiliki reputasi yang mencurigakan baik di Google Play Store atau di komunitas Android lainnya. Cermati apabila jumlah pengunduh dan rating aplikasi rendah. Bisa jadi aplikasi tersebut berbahaya.

5. Deskripsi Ngawur

Aplikasi yang berbahaya bisa juga dikenali dari deskripisi yang tidak jelas yang di-post di Play Store. Jika memang demikian, bisa dicurigai bahwa aplikasi tersebut berbahaya bagi perangkat android kita.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Ciri-ciri Aplikasi Android Berbahaya Dan Membawa Virus. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers