Pin It

26 July 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 11:27

Tips Merawat Perangkat Turbo Mobil, Bus Dan Truck

Seperti perangkat lain pada mobil, turbo juga dapat mengalami kerusakan. Namun sebenernya kerusakan turbo lebih banyak disebabkan oleh pengetahuan pemilik yang minim mengenai perawatan turbo ini. Banyak yang tidak tahu bahwa perawatan turbo cukup dengan membiarkan mesin langsam selama satu menit sebelum digunakan atau dimatikan. Ini cara yang mudah tapi tidak dipahami pemilik kendaraan dengan fitur turbo.


Banyak pemilik mobil langsung mematikan mobil mereka atau parahnya menginjak pedal gas sebelum mematikan mesin. Ini cara usang yang terus dipertahankan tanpa tahu akibat buruknya pada mobil.

Jika pengemudi menekan pedal gas lalu langsung mematikan mesin, perangkat turbo yang menggunakan oli mesin untuk berputar akan kehilangan pelumas. Padahal bilah turbin masih berputar sehingga turbo bekerja tanpa pelumas. Putaran turbo itu bisa 10 kali lipat dari putaran mesin. Misal mesin putarannya 8.000 rpm, turbo bisa empat kali lipat jadi 100.000 rpm. Ketika suplai oli berhenti, bisa cepat rusak.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Terima Kasih

Followers

Follow by Email