Pin It

23 July 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 15:19

Cara Youtube Berantas Terorisme Menggunakan Redirect Method

Jujur saja saya merasa sedih dengan pemblokiran telegram karena banyak konten terorisme. Begitupun sering kita melihat video YouTube yang memperlihatkan pornografi dan konten ekstremis yang diunggah oleh masyarakat di seluruh dunia. Jika pihak Youtube menemukan hal ini, mereka akan segera cepat menariknya atau memblokir akun penggunanya. Namun hingga kini, masih ada yang dapat menembus keamanan platform tersebut.


Sekarang, siapa pun mereka dapat mencari video ekstremis tersebut di Youtube. Akan tetapi, Youtube akan mengarahkan laman mereka ke daftar putar antiterorisme. Fitur baru yang dijuluki The Redirect Method ini merupakan strategi empat cabang yang diumumkan oleh Google pada bulan lalu.

Redirect Methode

Metode Redirect Method ini bekerja menanggapi pencarian kata kunci tertentu yang berkaitan dengan terorisme dan ekstrimisme, di mana dengan otomatis akan mengarahkannya ke halaman playlist video yang kontennya berisikan pesan anti terorisme.

Metode Redirect Method ini dikembangkan oleh Jigsaw, yakni anak perusahaan Alphabet yang misinya untuk melawan ekstremis, penyensoran, dan serangan siber. Di samping perusahaan teknologi lain bernama Moonshot CVE, artinya ‘Melawan Ekstremis Kekerasan’. Jigsaw dan Moonshot CVE mengembangkan teknologinya setelah mempelajari selama beberapa tahun bagaimana faksi-faksi teroris menyukai teknologi ISIS untuk menyebarkan pesan mereka dan merekrut pengikut baru.

Hingga kini, metode baru ini masih dalam pantauan Youtube dan tercatat bahwa sekitar 320.000 lebih orang telah menonton 116 video yang ditujukan YouTube untuk melawan terorisme dan ekstremisme.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers

    Follow by Email