Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

31 July 2017

Naufal Raziq, Bocah 11 Tahun Asal Aceh Penemu Listrik Dari Getah Pohon Kedondong Yang Kini Jadi Rebutan Dunia

Sore ini saya akan menulis mengenai Naufal Raziq, Bocah 11 Tahun Asal Aceh Penemu Listrik Dari Getah Pohon Kedondong Yang Kini Jadi Rebutan Dunia. Mengapa penemuannya menyentak bangsa bahkan dunia? Lalu, apa yang membuat heboh dan jadi rebutan dunia? Iya, dunia! Ternyata bukan hanya negeri ini yang sempat melihat penemuannya. Setidaknya ada tiga negara yang diam-diam melirik siswa yang pada usia 11 tahun ini berhasil menemukan listrik dari cara yang sangat sederhana.

Penemu Listrik

Jerman, Turki, dan Brunei Darussalam mengirim perwakilan negaranya untuk langsung bertemu dengan orang tua Naufal Raziq. Fakta ini saya dapatkan langsung dari hasil wawancara Aiman Witjaksono, dalam Program AIMAN KompasTV dengan Ayah Naufal, Supriaman.

Saat itu Aiman Witjaksono, bertanya bagaimana mereka mengirim perwakilan dan apa yang mereka sampaikan? Supriaman mejawab, masing masing perwakilan negara datang ke rumah dalam rentang waktu beberapa bulan. Mereka menemui langsung Supriaman dan meminta agar Nuafal bisa belajar di negaranya suatu hari kelak.

Salah satu universitas di Jerman, misalnya, meminta agar Naufal kuliah di Jerman setelah lulus SLTA. Supriaman lupa nama universitas yang dimaksud. Kebetulan, salah satu staf pengajar di Jerman itu adalah warga Aceh. Ia menghubungi keluarganya di Aceh untuk bertemu dan berbicara dengan Naufal. Sementara Turki dan Brunei, menurut Supriaman, berkomunikasi melalui utusannya masing masing.

Penemuan Listrik Dari Getah Pohon Kedondong

Penemuan yang menyentak
Kiprah Naufal Raziq memang menyentak. Ia menemukan listrik dari getah pohon kedondong pagar. Naufal menerima banyak penghargaan. Baru baru ini Naufal diajak menemui Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk berbincang. Naufal di boyong ke Banda Aceh, menemui Panglima.
Ia juga menerima beasiswa dari PT Pertamina EP. Sebelumya, kementerian Agama juga menawarkan beasiswa untuk Noval yang saat ini bersekolah di Madrasah Tsanawiyah (setingkat SMP) di Langsa, Aceh.

Lalu apa yang heboh, sehingga membuatnya jadi rebutan?

Jawaban adalah listrik yang ia temukan, dari cara yang sangat mudah! Yakni, energi abadi dari pohon kedondong. Lalu apa kelebihan pohon? Aiman Witjaksono mendatangi dan saksikan sendiri bagaimana listrik dihasilkan dari getah pohon kedondong yang diserap oleh kain, disalurkan menjadi elektroda, dan menghasilkan listrik.

Anda tahu? Listrik ini abadi selama pohon itu hidup!

Aiman Witjaksono melihat pula setiap satu lubang dari pohon ini menghasilkan satu volt tegangan listrik. Dalam satu pohon bisa dibuat beberapa lubang. Kuncinya, semakin besar pohon semakin banyak lubang yang bisa dibuat. Semakin besar pohon, semakin stabil listrik yang dihasilkan karena getah pohon itu mengalir lebih banyak ketimbang pohon yang lebih kecil. Yang mengagumkan, pohon sama sekali tidak terganggu kehidupannya. Ia tetap hidup subur!

Temuan awal Naufal, yang meski perlu banyak pengembangan, menjadi awal revolusi energi baru di dunia. Jika sebelumnya kita mendengar nama Michael Faraday, Thomas Alva Edison, dan Nikola Tesla, saya berharap suatu saat anak cucu kita mengenal Naufal Raziq asli Indonesia sebagai penemu listrik dengan sumber energi terbarukan!

Nah, itulah Naufal Raziq, Bocah 11 Tahun Asal Aceh Penemu Listrik Dari Getah Pohon Kedondong Yang Kini Jadi Rebutan Dunia. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga penemuan Naufal bisa menjadi kebanggan bagi Indonesia.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Naufal Raziq, Bocah 11 Tahun Asal Aceh Penemu Listrik Dari Getah Pohon Kedondong Yang Kini Jadi Rebutan Dunia. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers