Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

26 July 2017

Cara Membuang Air di Filter Solar Mobil Diesel Bila Indikator Solar Menyala

Kualitas bahan bakar menjadi hal penting dalam penggunaan mesin diesel terutama bila ada kandungan air di dalam solar. Maka dari itu pengguna mobil bermesin diesel harus telaten dengan perawatan mesin terutama dari filter bahan bakar. Bahan bakar solar bercampur air sering terjadi pada mobil diesel. Soal kandungan air dalam filter solar ini, tidak perlu panik karena pada filter bahan bakar disediakan saluran sedimen untuk menampung air. Tandanya indikator di panel instrumen berkedip. Beruntung beberapa merek mengaplikasikan indikator peringatan mengenai filter ini pada produknya. Namun kerap kali indikator ini diabaikan oleh pengguna yang kurang memahami arti indikator tersebut. Ini tandanya kandungan air di filter tinggi.


Indikator filter bahan bakar ini memiliki dua mode peringatan. Bila indikator berkedip artinya pada filter bahan bakar terdapat endapan air yang harus segera di buang. Ini bisa dilakukan sendiri tanpa perlu ke bengkel.

Beda lagi bila indikator menyala terus. Ini artinya pemilik kendaraan harus memberi perhatian pada filter karena filter sudah kotor. Biasanya memerlukan penggantian filter baru.

Kehadiran indikator solar tersebut untuk melakukan pengecekan berkala pada filter bahan bakar. Sayangnya jarang yang mencari tahu arti indikator ini dan bagaimana langkah selanjutnya yang harus dilakukan. Bagi pengguna diesel baru ada yang tidak tahu arti indikator ini. Padahal untuk model Innova misalnya, peringatan indikator filter bahan bakar ada di sun shade bagian pengemudi.

Cara Membuang Air di Filter Solar Mobil Diesel Bila Indikator Solar Menyala

Langkah pertama, buka kap mesin dan temukan filter bahan bakar. Pada Kijang Innova biasanya terletak di belakang aki, berbentuk seperti pompa dengan kabel konektor. Jangan lupa lakukan kegiatan ini dalam keadaan mesin mati.


Setelah menemukan filter tersebut, cari baut plastik berwarna putih di bagian bawah filter. Buka baut tersebut, kendurkan namun jangan sampai terlepas, dan buang air yang terdapat di dalam filter. Kemudian untuk memastikan semua air sudah terbuang dari filter, pompa dengan menggunakan tangan di bagian atas perangkat filter. Tekan beberapa kali sampai yang keluar dari lubang filter adalah solar murni. Setelah selesai jangan lupa kencangkan baut plastik yang semula dibuka.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Cara Membuang Air di Filter Solar Mobil Diesel Bila Indikator Solar Menyala. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers