Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

10 July 2017

Seabad Mobil Listrik Tertua Di Dunia Queen Victoria Brougham

Siang ini saya akan mengupas mobil listrik. Namun jika anda berpikir mobil listrik merupakan barang baru maka anda salah besar. Sebab mobil listrik sudah diproduksi sejak satu abad lalu. Salah satunya adalah mobil Woods Queen Victoria Brougham yang sudah berusia 112 tahun. Mobil listrik Woods Queen Victoria Brougham diyakini menjadi satu-satunya mobil listrik buatan 1905 dengan model Woods Electric Style 214A yang masih ada.


Sebagai informasi, mobil ini diproduksi oleh Woods Motor Vehicle Company yang berdiri sejak 1899. Setiap tahun 500 unit mobil mampu diproduksi oleh produsen mobil yang berbasis di Chicago, Amerika Serikat ini. Dahulu, model ini dijual Woods dengan harga US$ 3.000 dan menjadi salah satu mobil mahal di masanya. Bila dikonversi dengan nilai uang saat ini maka harganya US$ 71.000.

Hal yang paling menakjubkan adalah bagian kabin mobil tersebut. Mobil ini mengusung two seaters dengan jok yang menyatu berlapiskan kulit berwarna hitam dan bernuansa kayu. Bahkan mobil ini bisa dikendarai dengan atap terbuka.


Meski mobil ramah lingkungan tersebut tercatat keluaran tahun 1905, hingga saat ini masih bisa beroperasi. Queen Victoria Brougham telah mengalami restorasi sehingga pergerakan dua motor listriknya bekerja dengan sistem pengisian daya yang cepat.


Mobil Listrik Queen Victoria Brougham Di Lelang

Nah, tahun 2015 lalu mobil listrik Queen Victoria Brougham ini telah berpindah kepemilikan. Mengutip laman RM Auctions http://www.rmsothebys.com/hf10/vintage-motor-cars-of-hershey/lots/1905-woods-electric-queen-victoria-brougham/563998 , Queen Victoria Brougham dilelang di rumah lelang Bonhams London, Inggris.

Mobil listrik tertua di dunia Queen Victoria Brougham ini sudah laku terjual dengan harga USD94.548 atau berkisar Rp1,3 miliar. Harganya cukup melonjak drastis di mana mobil ini pun sempat terjual dengan harga USD77.000 atau berkisar Rp1,1 miliar pada tahun 2010.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Seabad Mobil Listrik Tertua Di Dunia Queen Victoria Brougham. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers