Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

10 July 2017

Cara Mudah Pasang Kamera Mundur (Rear Camera) Pada Mobil

Kali ini saya akan berbagi tips cara mudah pasang kamera mundur pada mobil. Seperti kita ketahui bersama, sebagian mobil keluaran baru telah dilengkapi dengan kamera mundur. Fungsinya untuk memudahkan pengemudi parkir di tempat yang sempit. Bagi pemilik yang mobilnya belum terpasang kamera mundur ada solusinya dengan memasang kamera mundur sendiri. Kita bisa menggunakan kamera mundur aftermarket untuk semua jenis mobil sebagai alternatif.


Kalau mau pasang kamera mundur sekarang produk aftermarket banyak tersedia, harga dan mereknya bervariasi. Kamera tersebut mulai harga Rp150 ribu - Rp650 ribu. Untuk memasang kamera mundur di mobil harus dipasangkan dengan head unit yang sudah dilengkapi fitur LCD, karena berfungsi untuk menampilkan gambar ketika kamera sudah dipasangkan.

Cara pasangnya cukup mudah, untuk tipe universal berarti kameranya bisa diletakan di mana saja, hanya perlu membuat dudukan kamera, Bagi Anda yang tertarik kamera model ini juga tersedia dengan beragam model, ada juga kamera parkir tipe khusus yang cara pasangnya tinggal plug and play, namun harganya lebih mahal.

Cara Mudah Pasang Kamera Mundur (Rear Camera) Pada Mobil

Jika kita perhatikan, beberapa head unit telah tersedia port kamera. Ini berfungsi untuk koneksi kabel kamera mundur. Jadi head unit akan menampilkan gambar dari kamera yang biasa dipasang di belakang mobil. Jadi ketika anda akan mundur, maka setrum dari lampu mundur akan mengaktifkan secara otomatis kamera di belakang mobil anda. Cara memasang kamera mundur ada dua cara, yaitu dengan membuat lubang pada bemper atau dengan menempel di bawah bemper dengan bantuan baut.

Cara pemasangannya cukup mudah. Pertama atur posisi kamera sedemikian rupa sehingga anda bisa melihat keseluruh kedua ujung bemper belakang anda. Saran saya apabila anda tidak bisa melihat kedua ujung mobil anda, lebih baik fokus ke bagian kiri mobil anda. Kemudian perhatikan juga dengan warna kamera yang anda lihat di layar head unit anda. Apakah cerah atau ngak? Biasanya pada kamera yang berkualitas bagus terdapat infamerah sehingga akan terlihat dengan jelas walaupun pada malam hari.

Instalasi Kabel Kamera Mundur Pada Mobil

Untuk sistem dan instalasi kabel kamera mundur bisa anda baca dibawah ini. Sebelumnya anda harus memahami yang menjadi penentu aktifnya kamera dan head unit untuk menampilkan gambar belakang adalah arus dari lampu mundur. Pada saat masuk gigi mundur dan lampu mundur menyala, maka akan memberi setrum kepada kamera dan juga head unit pada kabel pada head unit yang biasanya pada buku panduan tertulis “rear camera”. Maka head unit langsung menampikan kamera belakang, meskipun anda sedang mematikan monitor atau sedang melihat televisi.


Yang harus anda perhatikan ada beberapa head unit yang harus setting terlebih dahulu apakah yang akan masuk ke kabel rear kamera adalah arus positif atau arus negatif. Karena pada lampu mundur biasanya menggunakan arus positif. Maka anda diharuskan memilih positive pada menu input kamera.

Nah itulah cara mudah memasang kamera mundur pada mobil. Setelah kamera terpasang dengan benar, maka ketika kunci kontak dalam posisi on lalu tuas berada dalam posisi mundur, maka layar head unit akan menampilkan gambar sesuai dengan belakang anda.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Cara Mudah Pasang Kamera Mundur (Rear Camera) Pada Mobil. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers