Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

20 May 2016

Subaru Rayakan 50 Tahun Mesin Boxer

14 Mei lalu Subaru merayakan ulang tahun ke-50 untuk tipe mesin Boxernya, yang pertamakali diperkenalkan pada 14 Mei 1966, di mobil penumpang Subaru 1000. Subaru 1000 yang jaya pada masanya, telah diproduksi lebih dari 16 juta unit, dan sekarang, setiap kendaraan yang dijual oleh Subaru, didukung oleh mesin Boxer. Mesin tersebut memiliki ciri khas desain horizontal dengan posisi piston melintang, yakni saling berhadapan tata letak simetris.

Dengan piston saling menentang tersebut, mesin diklaim dapat membatalkan gaya inersia satu sama lain, serta memiliki getaran yang kecil termasuk keseimbangan rotasi yang luar biasa untuk memberikan nuansa halus.


Subaru menganggap mesin boxernya menjadi ikon komponen penting dalam sistem perusahaan khas Symmetrical All-Wheel Drive (AWD). Drivetrainsimetris membantu memberikan distribusi berat yang seimbang, sehingga sistem AWD memberikan kinerja yang sangat baik dan stabilitas pada kecepatan tinggi.

Secara konsep, tidak ada perubahan besar dari pertama kali mereka menciptakan mesin boxer ini. Namun secara kemampuan, performa, kenyamanan hingga efisiensi, mengalami perubahan yang besar. Baik itu dari model piston hingga material yang digunakan.

Mobil Jepang ini bukan satu-satunya perusahaan yang menggunakan desain mesin horizontal melintang. Porsche juga terkenal karena memiliki desain mesin serupa. Tapi antara kedua pabrikan ini, tentunya ada banyak hal yang membedakan karakternya, meski sama-sama bermesin boxer. Termasuk model crankshaft-nya.

Keunggulan Mesin Boxer Subaru

Lower Center of Gravity

Engine sits flat and low to the ground, yang menciptakan handling yang luar biasa ditikungan yang rapat, keseimbangan yang lebih baik dan mengurangi gejala body-roll.

Getaran Mesin yang Minim

Desain ini juga membuat getaran yang minim pada mesin, karena setiap piston menghilangkan getaran dengan gerakan yang berlawanan. Sehingga hasilnya adalah interior yang jauh lebih tenang dan halus serta tingkat optimum kenyamanan berkendara total.


Fuel Economy

Seringkali beberapa orang mengalami kekeliruan dalam membandingkan tingkat efisiensi Subaru dengan merek lain. Coba sekarang bandingkan dengan mobil yang memiliki spek sama, dari mulai kapasitas mesin sampai dengan sistem gerak (AWD tentunya). Dijamin Subaru memiliki hitungan yang lebih efisien.

Power

Setiap kendaraan Subaru telah dibekali dengan tenaga dan torsi yang cukup untuk membuat anda merasa antusias dalam berkendara. Mesin boxer yang efisien dan bertenaga tidak akan pernah membuat anda merasa underpower.

Longer Life Engine

Piston dalam mesin Boxer selalu terlumasi dibandingkan tipe mesin lain.

Subaru Engine Accident Dismount

Ini yang canggih dari mesin boxer. Mesin boxer ini jika mengalami kecelakaan, mesin akan terputus dan jatuh kebawah, jauh dari pengemudi dan penumpang. Bandingkan dengan mesin tipe lain yang bisa bikin penetrasi kedalam kabin, yang bisa menyebabkan cedera bahkan kematian.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Subaru Rayakan 50 Tahun Mesin Boxer. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers