Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

08 May 2016

Pesawat BAe 146 ZE702 RAF Pengangkut Jenazah Putri Diana Ternyata Pesawat Sama Dengan BAe 146 PK-OSP Pembawa Sandera Abu Sayyaf

Di tulisan sebelumnya yang berjudul Misteri Pesawat Langka BAe 146 Registrasi PK-OSP Pengangkut WNI Sandera Abu Sayyaf saya sudah janji akan menulis pesawat BAe 146 yang membawa mendiang Putri Diana dari Perancis ke Inggris. Kenapa saya harus menelusuri pesawat langka dan istimewa ini? Karena ada sesuatu yang menarik disini jika kita menarik sejarah ke belakang lagi. Dalam penelusuran ternyata pesawat BAe 146 PK-OSP sebelum dipakai oleh Surya Paloh, ternyata operator pertamanya adalah Angkatan Udara Kerajaan Inggris, Royal Air Force.


BAe 146 tersebut dikirim dari pabriknya di Inggris untuk Angkatan Udara Inggris pada 14 Januari 1991. Nah, ternyata pesawat yang membawa pulang 10 WNI sandera Abu Sayyaf di tulisan saya sebelumnya, adalah pesawat yang dioperasikan oleh surat kabar di Kupang, pernah dimiliki oleh Surya Paloh dan pesawat yang sama dengan operator pertamanya adalah Angatan Udara Kerajaan Inggris?

BAe 146 ZE702 RAF Pesawat Angkutan Khusus Kerajaan Inggris

Nah, di sini menariknya. Saat dioperasikan oleh RAF, BAe 146 tersebut menggunakan registrasi ZE702, pesawat itu saat berdinas di AU Inggris dipakai sebagai angkutan khusus kerajaan. ZE702 di masanya melayani kebutuhan transportasi anggota keluarga kerajaan Inggris, dari mulai transportasi sehari-hari, kunjungan kenegaraan, hingga penerbangan bersejarah yang perlu kita ingat yakni menerbangkan jenazah mendiang Putri Diana dari Paris, Perancis ke Inggris.

BAe 146 ZE702 RAF Pembawa Mendiang Putri Diana

Putri Diana tewas dalam sebuah kecelakaan lalu-lintas saat mobil yang ditumpanginya melaju kencang menghindari kejaran paparazi, di kota Paris Minggu (31/8/1997) dini hari. Jenazahnya diterbangkan ke Inggris di hari yang sama, pada sore hari dengan BAE 146 registrasi ZE702 itu, dan mendarat di lapangan udara milik Royal Air Force di Northolt, Inggris sekitar pukul 18.05 waktu setempat.

Lantas dari mana bisa disimpulkan bahwa ZE702 adalah pesawat yang membawa jenazah Putri Diana dari Perancis ke Inggris? Beruntung Situs YouTube masih menyimpan arsip siaran langsung ITV News saat jenazah Lady Diana tiba di lapangan udara Northolt, Anda bisa menontonnya melalui URL berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=6qwOW7l48uw

Di menit 35:34, nampak peti yang membawa jenazah Putri Diana keluar dari belakang pesawat. Dalam tayangan video dan screenshotnya bisa anda lihat di foto pertama dalam artikel ini diatas, registrasi pesawatnya di ekor tertulis ZE702.

BAe 146 ZE702 Di Beli Tronos

Kemudian BAe 146 registrasi ZE702 dipensiunkan oleh RAF sekitar bulan November 2002. BAe 146 itu kemudian dibeli oleh perusahaan leasing pesawat asal Kanada, Tronos, dan diubah registrasinya menjadi G-CBXY. Dari perusahaan leasing Tronos itulah pengusaha Surya Paloh membeli pesawat legendaris AU Inggris itu.


Dan sekali lagi kita masih beruntung karena Alan Pratt dari situs www.Airport-Data.com masih mengabadikan pesawat BAe 146 registrasi G-CBXY saat pesawat diantar ke Halim dan ketika itu masih menggunakan registrasi asalnya, sebelum berubah menjadi PK-OSP di Indonesia.

Disarikan Dari:
- Kompas
- Youtube
- Alan Pratt / www.Airport-Data.com
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Pesawat BAe 146 ZE702 RAF Pengangkut Jenazah Putri Diana Ternyata Pesawat Sama Dengan BAe 146 PK-OSP Pembawa Sandera Abu Sayyaf. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers