Pin It

06 May 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 10:42

Fitur Mobil Yang Akan Punah Dan Tinggal Kenangan

Jumat libur, mau ngapain ya? Mending update blog saja mengenai fitur mobil yang kelak akan punah. Seiring perkembangan zaman, teknologi yang ada di dalam kendaraan mengalami perubahan bentuk. Fitur-fitur atau desain beberapa bagian mobil yang dahulu merupakan sebuah tren, saat ini bahkan sudah bisa dikatakan jadul.

Dalam pengamatan saya pribadi, setidaknya ada beberapa fitur mobil yang cukup populer di era-nya, yang saat ini sudah tidak digunakan pabrikan di mobil baru. Ini menandakan kalau zaman sudah semakin berkembang. Nah inilah fitur pada mobil yang kelak akan punah:

1. Head Unit Kaset dan CD


Saat ini teknologi modern sudah di akomodasi kendaraan roda empat dengan perangkat yang semakin efisien. Sudah tidak perlu memakan tempat lagi untuk menempatkan CD dan Kaset di dalam mobil. Sebagai gantinya kita cukup menggunakan USB atau disambungkan langsung dengan smartphone. Dengan sesederhana itu, semua kebutuhan hiburan di dalam mobil sudah bisa dinikmati.

2. Pemantik Rokok dan Asbak di Mobil.


Boleh jadi fitur tersebut ini sekarang sudah jarang ditemukan, walaupun masih ada dan hanya sebatas fitur optional. Pada tahun 1980 fitur pemantik rokok dan tempat untuk membuang abu, hampir diadopsi seluruh mobil. Sekarang hanya sekitar 16 persen mobil yang masih menggunakan fitur tersebut. Saat ini, pemantik rokok telah berubah menjadi tempat mengisi baterai handphone atau smartphone.

3. Kursi Depan Panjang Menyatu

Desain bangku baris depan seperti ini juga sudah jarang ditemukan, karena semakin modern, desain mobil menjadi semakin compact. Kemudian untuk alasan keselamatan juga, saat ini bangku depan dibuat terpisah, antara penumpang dan pengemudi, dengan masing-masing memiliki fitur keselamatan pengaman seperti sabuk pengaman.

4. Antena Panjang

Mungkin jaman dahulu kita sering melihat mobil dengan antena panjang. Antena ini sangat diperlukan untuk menangkap sinyal radio, untuk menemani pengemudi ketika berkendara. Nampaknya sekarang ini akan terlihat lucu ketika melihatnya di jalan. Para insinyur modern telah membuat antena mobil lebih estetis dan berteknologi tinggi. Sehingga sanggup menangkap sinyal-sinyal radio meski tidak dengan ukuran kecil dan tersembunyi.

Nah itulah beberapa fitur mobil yang kelak akan punah dan dianggap jadul. Fitur tersebut hanya tinggal kenangan buat kita yang pernah menggunakannya dan juga sebagai cerita buat anak cucu kita.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers