Pin It

06 May 2016

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 19:37

Dosa Kaki Kiri Pengemudi Mobil

Kita semua paham cara mengemudi menjadi salah satu faktor penentu usia pakai kampas kopling pada kendaraan yang menggunakan transmisi manual. Kita juga sering mendengar dari para pengemudi mobil transmisi manual yang membanggakan dirinya dengan jargon, "real man drives three pedals". Tapi, kenyataannya masih banyak pengemudi mobil transmisi manual yang kerap melakukan "dosa" menyiksa kopling ketika mengendarai mobilnya. Dosa ini adalah Kebiasaan buruk perilaku pengemudi yang biasa mengendarai mobil dengan transmisi manual. Biasanya pengendara menempatkan kaki kiri pada pedal kopling. Tanpa disadari, kadang-kadang kaki menekan pedal kopling yang membuat kopling bekerja. Saat melakukan hal itu, tanpa kita sadari kanvas kopling akan mengalami gesekan berat antara fly wheel dan cover clutch (dekrup).


Hindari Kaki Kiri Selalu Nempel Pedal Kopling

Dosa tersebut sangat merugikan dan berakibat fatal, di mana kendaraan tidak bisa bergerak, karena transmisi tak bisa berpindah akibat kehabisan kanvas kopling. "Handicap" ini bisa terjadi untuk mobil dengan kopling mekanis maupun hidrolik. Maka, dosa atau kebiasaan buruk ini harus segera ditinggalkan.

Cara yang benar dan ideal mengendarai mobil dengan kopling bisa mencegah terjadinya masalah pada sistem penunjang perpindahan gigi ini. Selain itu, kebiasaan yang baik juga bisa memperpanjang masa pakai usia sistem kopling.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers