Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

28 May 2016

Truck Volvo FMX 440 6x4 Matic, Canggih Dan Senyaman Sedan

Pernah melihat truck Volvo FMX 440? Kalau melihat sosoknya saya yakin anda akan mengagumi truck berkapasitas 13.000cc ini. Kok bisa? Ya. Bukan hanya lantaran ukurannya, namun juga sosoknya yang mencerminkan ketangguhan untuk bekerja di medan ekstra keras. Windscreen lebar, lampu depan menawan, foglamp terproteksi, serta bumper tangguh. Truck ini juga penuh dengan fitur dan teknologi canggih. Karakteristik pengemudi terekam di komputer. Mulai dari kecepatan rata-rata, hingga kecepatan tertinggi di jalan bisa terlihat di indikator. Berbagai fitur keselamatan juga tersemat mulai dari DRL (V-shaped Daytime Running Light) yakni lampu penanda keberadaan truk. Selain itu terdapat juga LED Beacon Lamps, yakni lampu kuning kelap-kelip penanda truk membawa muatan berat.


Rem ABS Dan VEB+

Di sektor pengereman, Volvo juga menghadirkan teknologi VEB+ (Volvo Engine Brake+). Pada truck Volvo FMX 440 dengan bobot 50 ton, ditambah beban barang yang diangkutnya sudah pasti membutuhkan sistem pengendalian yang aman termasuk pada penghenti lajunya.

Meski sistem pengeremannya sudah dilengkapi teknologi ABS (Antilock Braking System), oleh para insinyur Volvo dirasa tidak cukup untuk menahan beban dan momentum laju truck saat deselerasi. Apalagi pada jalanan menurun. Gesekan yang terlalu berlebihan pada rem, memungkinkan sistem pengereman standar tidak bekerja optimal akibat panas. Dengan penambahan teknologi VEB+, proses pengereman bisa berlangsung secara aman.

Engine brake pada truk FMX 440 berbahan bakar solar ini, mengandalkan katup buang untuk mengatur kompresi pada mesin agar bisa menahan perputaran mesin. Dengan begitu putaran roda bisa direduksi dengan meminimalisir kerja rem pada roda.

Dengan mengakifkan VEB+ dalam tiga tingkatan pengereman mesin yang berbeda, memungkinkan truck mencapai kecepatan hampir berhenti saat deselerasi tanpa menginjak pedal rem.

Interior Nyaman

Untuk kenyamanan crew bekerja tersedia AC di ruang kabin, kursi pengemudi dengan suspensi udara. Basic Cruise Control untuk meringankan kerja pengemudi dalam mendukung laju kecepatan truck dengan konstan. Juga kemudi yang bisa diatur tinggi-rendah dan derajat kemiringannya.

Truck Volvo FMX 440 dilengkapi Dynafleet

Truck Volvo FMX 440 dilengkapi Dynafleet dengan sistem komputerisasi yang mampu merekam semua kinerja operasional kendaraan. Dengan teknologi ini, pemilik mobil bisa memantau kinerja operasional mobil dari jarak jauh, bisa terhubung dengan HP, komputer meja maupun laptop melalui sambungan internet. Dengan seabrek fitur-fitur keselematan dan kenyamanan yang disematkan pada truck Volvo FMX 440 membuatnya truck Volvo FMX 440 senyaman sedan.

Truck Volvo FMX 440 Matic I-Shift

Transmisi matic Volvo
FMX 440 menggunakan transmisi matic I-Shift bertipe AT2612D, menyediakan pilihan pengoperasian R N A M.

R berarti untuk pilihan pengoperasian mundur (Reverse),
N (Netral),
A (Automatic),
M (Manual-matic atau tiptronic).

Coba bandingkan dengan pilihan pengoperasian transmisi matic mobil yang umumnya berpola P R N D 2 L atau P R N D 2 1 atau P R N D 3 2 L. Pada truck Volvo FMX 440 tidak terdapat P 2 dan L.

Pada FMX 440 – matic memang tidak tersedia pilihan pergeseran tuas transmisi ke posisi P. Jadi bila mau parkir, tuas cukup digeser ke posisi N, diikuti dengan menarik EPB atau Electronic Parking Brake. Begitu pula pilihan pengoperasian 2 dan L tidak tersedia. Transmisi matic Volvo FMX 440 memiliki 12 tingkat percepatan maju dan 4 mundur, dengan plat kopling tunggal. Didukung rasio gigi gardan 5,41.

Dengan mengadopsi transmisi otomatis, konsumsi solar bisa lebih irit. Hal ini karena pengemudi tidak harus memikirkan kapan dia harus memindahkan gigi dan harus memilih gigi berapa. Cukup fokus ke jalan. Semua diatur secara otomatis dan terkomputerisasi berdasar sensor beban dan kecepatan kendaraan.

Spesifikasi Volvo FMX 440

Truck Volvo FMX 440 mengusung mesin 12.800 cc 6 silinder segaris Tipe D13A-440. Mesin turbo diesel type D13A-440 ini mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 440 HP pada rentang putaran mesin 1.400 – 1.800 RPM. Torsi maksimum yang dicapai 2.200 Nm pada rentang 1.050 – 1.400 RPM.

Dengan torsi puncak 2.200 Nm, rasio gearbox transmisi matic I-Shift 14,94, dan didukung rasio gardan belakang 5,41, tenaga putar yang tersalur ke roda mencapai 117.815 Nm, besar kan. Khusus pasar Indonesia, truck Volvo FMX 440 tidak masalah dengan kualitas solar kita walaupun Volvo FMX 440 sudah Euro 3. Volvo sendiri telah memodifikasi jalur bahan bakar solar untuk mesin D13A-440 dengan menambah filter solar khusus pasar Indonesia menyesuaikan kualitas solar kita.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Truck Volvo FMX 440 6x4 Matic, Canggih Dan Senyaman Sedan. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers