Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

28 April 2017

Sejarah Raja Belanda Willem - Alexander

Raja Belanda Willem - Alexander hari kemarin tanggal 27 April 2017 merayakan ulang tahun yang ke 50. Willem-Alexander menjadi Raja Belanda pertama dalam lebih 120 tahun setelah ibunya Ratu Beatrix menyerahkan tahta. Beatrix memilih untuk mengundurkan diri setelah 33 tahun memegang tahta, mengikuti tradisi ibu dan neneknya. Nah kali ini saya akan cerita tentang sejarah keluarganya. Willem-Alexander merupakan pakar manajemen air dan akan memimpin monarki secara lebih informal bersama istrinya, mantan bankir investasi asal Argentina. Nama lengkap plus titel beliau adalah Willem-Alexander Claus George Ferdinand, Koning der Nederlanden, Prins van Oranje-Nassau, Jonkheer van Amsberg. Prins van Oranje - Nassau, gelar resminya dia selain Raja Belanda.

Willem-Alexander

House of Oranje - Nassau berasal dari House of Nassau di Jerman. House of Nassau ini tua, udah ada sejak jaman Romawi. Dari jaman Holy Roman Empire ini Nassau termasuk daerah county, dipimpin oleh seorang count (gelar bangsawan). Bapak moyang dinasti Nassau Belanda itu Walram I atau Walram von Laurenburg, countnya Nassau pada tahun 1146 - 1198.

Anaknya Walram, Hendrik de Rijke van Nassau punya anak 2 yakni Otto I & Walram II. Setelah Hendrik meninggal 2 anak ini berantem karena warisan. Akhirnya mereka akur setelah Nassau county dibagi dua. Walram II dapet wilayah selatan, Otto I wilayah Utara.

Otto I rajin ekspansi wilayahnya dan lumayan juga kekuasaannya. Otto I juga sempat mau ekspansi ke Koln & Trier tapi ngga sukses. Nah, lokasi Nassau county sekarang itu Hessen yang menjadi negara bagian Jerman. Kota besarnya Wiesbaden & Frankfurt.

Otto I ini yang jadi link ke dinasti Nassau Belanda. Otto I punya 6 anak dan setelah beliau meninggal anak-anaknya berantem karena rebutan warisan lagi. Kisah kehidupannya mirip Game of Thrones, mati, meninggal, anak-anaknya rebutan warisan. Gitu aja terus......

Otto I meninggal akhirnya Nassau pecah jadi Nassau-Dillenburg, Nassau-Hadamar, Nassau-Dietz, Nassau-Beilstein dan Nassau-Siegen. Di masa ini lah house of Nassau mulai masuk Low Lands (Belanda) dan jadi klan kaya yang diperhitungkan. Salah satu countnya Nassau, Willem I van Nassau-Dillenburg. Anaknya beliau itu Willem de Zwijger (William the Silent) aka Willem van Oranje. Setelah bapaknya meninggal, Willem si Pendiam mewarisi daerah kekuasaan Nassau county. Lahir Willem namanya hanya Nassau karena beliau tidak serakah. Kemudian Willem kasih daerah Nassau county yang di Jerman ke kakaknya, Jan de Oude.

Nah udah ya ceritanya dari bagian Nassau. Dari Willem (1533 - 1584) itu mulai deh garis keturunan kerajaan Belanda dari dinasti Nassau. Nanti baru Willem namanya jadi Willem van Oranje.

Sekarang lanjut cerita ke bagian Oranje ya. Belum bosen kan bacanya? Tahun 1544 salah satu sepupunya Willem, René van Chalon meninggal dunia. René van Chalon yang merupakan sepupunya Willem ini dapet warisan Orange county, daerah berdaulat di Perancis Selatan.

Menurut silsilah keluarga yang ruwet banget kalau di ceritain semua di sini yang jelas René van Chalon itu masih ada darah Nassaunya. René tulis di surat warisannya kalau dia meninggal, yang isinya Willem yang jadi pewarisnya. Jadi ya Willem dapet warisan county di Orange itu. Sekarang tempat masih ada di kota kecil deket Avignon.
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Sejarah Raja Belanda Willem - Alexander. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers