Pin It

28 April 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 14:54

Website Telkomsel Diretas, Hacker Curhat Harga Kuota Internet Kemahalan

Ketika saya membuka Twitter pagi ini, Jumat (28/4/2017), lini masa Twitter ramai dengan pembahasan soal situs resmi Telkomsel yang tampak beda dari biasanya. Tampilan website www.telkomsel.com ternyata diubah (deface) oleh peretas. Dalam laman tersebut, sang peretas itu memprotes harga paket data Telkomsel yang dianggap terlalu mahal. Deskripsinya pun berisi kata-kata kasar yang mengeluhkan soal itu. "Pegimane bangsa Endonesia mau maju kalo internet aja mahal," begitu salah satu deskripsinya.


Deskripsi selengkapnya menjabarkan tuntutan sang peretas yang belum diketahui identitasnya. Ia meminta penurunan harga kuota internet dari Telkomsel. Pembagian dan pembatasan kuota untuk 2G/3G/4G juga diminta dihapus. Begitu pula dengan paket bundling layanan internet HOOQ dan Viu untuk hiburan.

"Gue cuma butuh kuota internet. Titik," sang peretas menegaskan bahwa paket bundling dengan layanan hiburan tak terlalu penting.

Jumat pagi tadi situs Telkomsel kini sama sekali tak bisa diakses. Akan tetapi, jika memasukan kata "Telkomsel" di laman pencarian Google, hasil pencarian masih menampilkan pesan dari sang peretas.


Netizen Indonesia menanggapi keluhan sang peretas dengan komentar beragam, ada yang terkesan membela maupun menyindir.

"hahahah sotus telkomsel di hack yg kurang uang ????????????," kata akun @chiro_muchtar.

"Situs @Telkomsel di hack? Wah..bentuk protes dr pelanggan krn tarifnya kemahalan tuh hehehe," kata akun @iwanWEC.

"Sekelas telkomnyet, eh telkomsel di hack ... sebagai netizen, w miris ...," kata akun @TeukuRyan.

Bahkan hacker tersebut malah mendapat pujian dari warga internet. Imbas dari kejadian tersebut, netizen ramai-ramai memberikan karangan bunga untuk hacker tersebut.


Justru Sebagian besar dari pengguna Twitter yang mengomentari hal ini setuju bahwa tarif internet Telkomsel memang mahal. Bahkan, ada juga yang memuji aksi hacker anonim tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh pengguna Twitter dengan akun @SajakPerlawanan. Ia dalam cuitannya di https://mobile.twitter.com/SajakPerlawanan/status/857803693906812928 mengapresiasi keberhasilan hacker dengan ucapan "Thanks for anonymous hack the website of Telkomsel, your message its true and we support the campaign."

Permintaan Maaf Telkomsel

Telkomsel pun meminta maaf atas peretasan yang terjadi. Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan perbaikan.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan dalam mengakses website resmi Telkomsel www.telkomsel.com, Saat ini kami sedang melakukan penelusuran dan perbaikan yang dibutuhkan agar pelanggan dan masyarakat bisa segera mengakses website tersebut," ia menjelaskan lewat keterangan resmi.

Lebih lanjut, Adita juga memberikan alternatif untuk mengakses informasi soal produk dan layanan Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel, Call Center, maupun GraPARI.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers