Jalan-jalan sesat adalah sengaja membuat diri tersesat untuk mengetahui sesuatu. Dan jalan-jalan sesat ini terkadang penuh tekanan. Namun tekanan dan intimidasi itu melahirkan kecerdasan dan ketertindasan melahirkan kreatifitas...

Pin It

10 April 2017

Tips Dan Cara Aman Memasang Lampu Tambahan Pada Bak Truck Isuzu Giga

Artikel kali ini saya akan berbagi tips aman memasang lampu tambahan pada bak dan lainnya dan khususnya pada truck Isuzu Giga. Tulisan ini saya rangkum dari pengalaman pribadi dan rekan-rekan yang pernah ngalamin kabel body terbakar, sekering hangus hingga ECM mati hanya gara-gara ada korslet dijalur lampu tambahan. Dan ini sering dialami truck Isuzu Giga yang memasang lampu tambahan dengan mengambil arus dari kabel lampu kota. Sepertinya truck Isuzu Giga dari pabriknya memang enggak bisa ditambahin lampu tambahan baik itu variasi, lampu bak maupun lampu rotator dan kalau di tambahin tanpa membuat jalur baru sering ngalamin hal tersebut diatas. Mungkin disebabkan dari sikring yang sangat kuat dan biasanya gak langsung putus padahal sudah meleleh. Terbukti saya pernah ngalamin sikringnya meleleh dulu baru putus bahkan sampe 3 baris sekering meleleh semua.

Tips Dan Cara Aman Memasang Lampu Tambahan Pada Bak Truck Isuzu Giga
Foto: Samuel Wisnu Adi Pratama

Padahal lampu tambahan pada bak itu penting, karena seperti kita ketahui bersama tanpa adanya lampu pada bal kita bisa kena tilang polisi. Terus gimana solusinya? Ya tetap saja pasang lampu tambahan namun dengan cara aman. Caranya bagaimana? Ikutu terus tulisan ini untuk mengetahui tips pasang lampu tambahan pada truck Isuzu Giga berikut ini.

1. Pasang Lampu Tambahan Dengan Merangkai Jalur Baru

Cara no 1 ini merupakan cara paling aman memasang lampu tambahan pada bak truck Isuzu Giga yakni dengan cara membuat jalur baru langsung dari baterai. Kita harus belanja kabel panjang, rumah sekering, sekering dan relai untuk lampu tambahan melalui jalur baru langsung ke batere.

Ingat, jalur baru tersebut jangan gabung kunci kontak melalui lampu kota. Jadi lampu tambahan tersebut menggunakan sakelar sendiri dan terpisah. Jangan lupa kabel yang kita beli juga harus ukuran standar dan jangan menggunakan kabel kecil.

2. Lampu Tambahan Kombinasi Lampu Kota Dan Batere

Jika ingin pasang lampu tambahan truck yang pakai ECM dan tetap ikut lampu kota bisa juga dengan menambah relay tapi arus positif (+) kita ambil langsung dari baterai. Arus lampu kota cuma kita ambil buat bangkitkan magnet relay. Dan arus yang ke lampu tambahan langsung dari baterai. Hal ini jelas lebih aman dari bahaya korslet.

3 Lampu Tambahan Gabung Lampu Kota

Cara ketiga ini adalah cara alternatif dan tidak saya rekomendasikan. Tapi saat kepepet ya tidak masalah untuk kita terapin. Saran saya kalau memang mau gabungin lampu tambahan dengan lampu kota kita harus pakai sekring tambahan di ujung bypasnya. Jadi kalau lampu tambahan ada kontak body maka kalur lampu regulernya tetep aman. Lebih murah dan relatif aman.

Namun untuk nerapin tips ketiga ini harus hati-hati. Pernah saya kasih tambahan rumah sikring biasa yang kotak pakai keramik agar kuat, ternyata rumaham sikring asli bawaan pabrik yang gak kuat dan akhirnya meleleh.

Nah itulah dua cara aman memasang lampu tambahan pada bak truck Isuzu Giga dari widodogroho.com dan semoga bermanfaat dan truck kita tetap aman dari korsleting listrik. Selamat mencoba......
Widodo Groho Triatmojo
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Tips Dan Cara Aman Memasang Lampu Tambahan Pada Bak Truck Isuzu Giga. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih

Followers