Pin It

24 April 2017

Posted by Widodo Groho Triatmojo on 15:28

Mobil Jadul Isuzu Unicab Bermesin Bensin

Kali ini saya akan mengulas salah satu mobil yang cukup langka, jadul dan unik yakni Isuzu Unicab bermesin bensin bikinan tahun 1968. Boleh dibilang mobil ini adalah mbahnya Isuzu (Chevrolet) Trooper, sayangnya hanya versi 2WD. Mobil Isuzu Unicab koleksi Museum Sumber Adventure Center yang juga masih miliknya PO Sumber Alam ini terbilang langka dan unik karena selama ini kita mengenal Isuzu sebagai rajanya diesel namun ternyata punya versi bensin.

Mesin Isuzu Unicab

Dalam sejarahnya, mobil ini pernah dipakai untuk pemilu tahun 1971. Sayangnya Isuzu Unicab ini gagal import dan akhirnya disebar keseluruh pemda dan beberapa instansi termasuk militer. Mobil Isuzu Unicab ini pernah juga digunakan pasukan Garuda dalam misi perdamaian dunia. Saya merasa bersyukur bisa melihat dan mengabadikan mobil ini dalam bentuk foto di museum SAC Andong, Kutoarjo, Purworejo.

Isuzu Unicab

Isuzu Unicab KR85 Specs / Auto Data

Engine type – Number of cylinders: I 4
Engine Code: G150C
Fuel type: Petrol
Fuel System: 1 Hi-Solex carb
Engine size – Displacement – Engine capacity: 1471 cm3 (89.8 cu-in)
Bore x Stroke :79.00 x 75.00 mm (3.11 x 2.95 inches)


Dalam postingan saya sebelumnya mengenai mobil Isuzu Unicab ini terungkap juga siapa pemilik mobil ini sebelum dibeli oleh Sumber Adventure Center. Salah satu keluarga pemilik (Sekar) sempat berkomentar di foto saya sebagai berikut:

"Mas Widodo, terimakasih sudah memposting mobil isuzu unicab ini. Mobil ini dimiliki ayah saya sejak sekitar tahun 1980 sampai tahun 2010 lalu dijual. No Pol nya pun masih sama. Banyak kenangan kami sekeluarga dgn mobil ini dan alm Ayah kami. Alhamdulillah mobil ini masih terawat dgn baik. Sekali lagi, terimakasih".

Pemilik Isuzu Unicab

Nah, itulah sedikit sejarah dan foto dari Isuzu Unicab bermesin bensin ini. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita mengenai dunia otomotif di Indonesia.
Pemerhati transportasi publik, bus, truck serta sejarahnya.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »

    Note: Only a member of this blog may post a comment.

    Terima Kasih

    Followers